Selasa 26 Juni 2018, 16:11 WIB

Pilkada Bukan Penentu Utama Arah Koalisi PAN untuk 2019

Astri Novaria | Politik dan Hukum
Pilkada Bukan Penentu Utama Arah Koalisi PAN untuk 2019
 

KETUA Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan mengatakan hasil Pilkada serentak 2018 yang akan dilaksanakan Rabu (27/6) besok menjadi salah satu faktor yang memengaruhi PAN dala berkoalisi di Pilpres 2019 mendatang. Namun, itu dinilai bukan faktor yang utama.

"Salah satu faktor apakah pilkada ini memperngaruhi (arah koalisi), tentu ada. Tapi dalam koalisi kan faktor pertimbangannya banyak," ujarnya di Ruang Rapat Pleno Fraksi PAN, di Gedung DPR RI, Jakarta, Selasa (26/6).

Lebih lanjut kata Zul, pengaruh tersebut terasa khususnya pada daerah dengan kantong suara PAN yang besar, seperti Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sumatera Utara dan Sulawesi Selatan.

Meskipun demikian, sambung dia, hasil pilkada bukan satu-satunya faktor penentu koalisi. Sebab, koalisi untuk pilpres melihat sosok kandidat calon presiden yang diusung.

"Bagaimana pilgub Jatim, Jateng, Jabar, itu kan hampir separoh, apalagi ditambah Sumut dan Sulsel. Kalau Sumut masuk, Sulsel masuk, itu masuk hampir 75%, itu menentukan. Tapi dalam koalisi tak hanya itu. Kami milih kandidat, milih orang. Bisa saja gubernurnya ini, presidennya bisa lain, partai milih A. Kandidatnya bisa beda. Tapi ada pengaruh, iya. Tapi tak satu-satunya," pungkasnya. (OL-5)

Baca Juga

Dok MI

27 Kampung di Sangihe Belum Cairkan Dana Desa

👤Ant 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 23:54 WIB
Sedangkan 118 kampung lainnya kata dia telah melakukan pencairan tahap...
dok.ist

Stafsus Wapres Minta Kasus Titan jadi Perhatian Serius Penegak Hukum

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:20 WIB
KASUS penyalahgunaan kredit PT Titan Infra Energy di Bank Mandiri serta sindikasi bank lainnya harus menjadi perhatian serius Aparat...
Dok.MI

Sekjen Gerindra: Ucapan Terima Kasih di Politik Mulai Hilang

👤Mediaindonesia 🕔Sabtu 25 Juni 2022, 21:08 WIB
Dia mengatakan, dalam tradisi politik Indonesia, terimakasih adalah suatu yang langka dan jarang dijumpai sehingga menjadi suatu hal yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya