Minggu 14 November 2021, 20:59 WIB

Morris Garage Pamerkan MG 5 EV Mobil Listrik Station Wagon

RO | Otomotif
 

KENDARAAN listrik atau electric vehicle (EV) kian populer di industri otomotif dunia, begitu juga di Indonesia. Ada sejumlah inisiatif energi hijau yang sudah dan sedang dilakukan pemerintah untuk dapat berkontribusi secara maksimal.

Di ajang COP26 yang diadakan di Glasgow, Skotlandia pada 31 Oktober–12 November 2021, peningkatan kerja sama internasional dalam transisi energi dan transportasi ramah lingkungan merupakan salah satu misi yang disepakati. Melalui inovasinya, produsen mobil Morris Garage (MG) pun menunjukkan keseriusan yang sama dan sepenuhnya mendukung inisiatif Pemerintah Indonesia dalam hal energi terbarukan.

Pada ajang IIMS di bulan April 2021, MG telah memperkenalkan ZS EV yang sukses mencuri perhatian pengunjung. Kini, pada ajang GIIAS 2021, MG kembali membuat gebrakan dengan menampilkan MG 5 EV, sebuah mobil listrik murni dikemas dalam model station wagon, menjadikannya yang pertama di dunia dari MG.

"Sejak hari pertama booth MG di GIIAS 2012 dibuka untuk umum, kami melihat begitu banyak antusiasme pengunjung yang mengeksplorasi MG 5 EV. Hal tersebut bisa menjadi salah satu indikator yang dapat membuktikan tingginya minat masyarakat Indonesia terhadap kendaraan listrik yang ramah lingkungan," ujar Marketing dan PR Director MG Motor Indonesia Arief Syarifudin, Sabtu (13/11).

MG 5 EV digerakkan oleh motor listrik jenis Permanent Magnet Synchronous Motor yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 115 kW atau setara dengan 156 PS. Untuk berakselerasi dari 0 ke 100 km/jam ditempuh dalam 8 detik. Terdapat tiga mode berkendara yang dapat dipilih, yaitu Sport, Normal, Eco membuatnya semakin praktis untuk aktivitas berkendara sehari-hari.

Dengan kapasitas baterai sebesar 50,3 kWh yang telah teruji dan tersertifikasi IP67 tahan air dan debu, MG 5 EV mampu menempuh hingga 380 km dengan kondisi daya baterai penuh berdasarkan standar NEDC yang mengukuhkan MG 5 EV sebagai mobil elektrik dengan jarak tempuh terjauh yang hadir di Indonesia saat ini. 

Kapasitas baterai yang berkualitas ini juga sanggup untuk membuatnya terisi dari 0 hingga 80% hanya dalam durasi 40 menit dengan menggunakan koneksi CCS.

MG 5 EV juga didukung dengan berbagai fitur kenyamanan dan keselamatan berkendara, seperti Adaptive Cruise Control, Rear View Camera & Rear Sensors, Electric Parking Brake (EPB) dengan Auto Vehicle Hold (AVH)., termasuk fitur standar seperti Anti-Lock Braking System, Electronic Brake Force Distribution, Electronic Brake Assist, Stability Control System, Traction Control System, Curve Brake Control, Emergency Stop Signal, Hill Start Assist System, dan Tire Pressure Monitor System.

Mobil ini juga sudah menganut lampu depan model projector dengan LED Daytime Running Lights dengan lampu belakang LED berdesain electric pulse. Kemewahan semakin terasa di dalam kabin dengan sentuhan bahan soft touch pada interiornya. Dilengkapi kursi pengemudi ergonomis dengan anti-curved surface design yang mampu memeluk lekuk tubuh untuk memberikan kenyamanan dan mengurangi rasa lelah saat bepergian. 

Sebagai mobil station wagon, kapasitas bagasi MG 5 EV sangat luas dan mampu memuat hingga 1.456 liter. Satu hal yang menarik dan menjadi ciri khas mobil listrik MG adalah penggunaan rotary gear selector pada konsol tengahnya. (S-4)

Baca Juga

ridecake.com

Duet Perusahaan Swedia Kembangkan Komponen Motor dari Kertas

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 15:03 WIB
Cake menggaet PaperShell untuk mengevaluasi penggunaan komposit serat alami sebagai pengganti material...
AFP/Jared C Tillton

300 Unit Ferrari Bakal Terjual di Korea Selatan

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 08 Agustus 2022, 07:30 WIB
Terjadi seiring meningkatnya permintaan untuk kendaraan berperforma tinggi di negara...
Ist

Komunitas Moge Ini Salurkan Hobi Lain lewat Turnamen Golf

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 06 Agustus 2022, 14:52 WIB
Siapa sangka ternyata para penggemar Harley Davidson ini juga punya minat besar terhadap dunia olahraga, salah satunya...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya