Kamis 24 Juni 2021, 15:03 WIB

Pakar Mesin: Kendaraan Keluaran Baru Wajib Gunakan BBM Berkualitas

mediaindonesia.com | Otomotif
Pakar Mesin: Kendaraan Keluaran Baru Wajib Gunakan BBM Berkualitas

Antara/Aprionis
Konsumsi produk bahan bakar minyak (BBM) berkualitas dan ramah lingkungan masyarakat di wilayah Sumatera Bagian Selatan (Sumbagsel) naik.

 

MASYARAKAT sangat disarankan mengisi kendaraan bermotornya dengan BBM berkualitas, terlebih, bagi pemilik kendaraan keluaran baru.

Ahli mesin bakar dan konversi energi Institut Teknologi Bandung (ITB), Tri Yuswidjajanto Zaenuri menyarankan, penggunaan BBM RON tinggi tersebut, sesuai dengan rekomendasi setiap produsen otomotif.

“Jika kita mengikuti rekomendasi dari produsen, maka performa kendaraan akan sesuai dengan yang dirancang,” kata Tri di Jakarta, Rabu (23/6).

Sebaliknya, dia mengingatkan, jika kendaraan mengkonsumsi bahan bakar yang tidak sesuai rekomendasi produsen, maka akan muncul persoalan pada mesin.

“Akan timbul masalah pada mesin. Misal bahan bakar lebih boros, performa tidak optimal, serta bisa mencemari lingkungan,” ujarnya.

Hampir semua kendaraan bermotor keluaran baru, ujarnya, memang memiliki spesifikasi mesin untuk pemakaian BBM dengan RON tinggi, termasuk di antaranya, produk otomotif berstandar Low Cost Green Car (LCGC). Persyaratan tersebut diterapkan, guna menghasilkan kendaraan yang lebih hemat dan efisien.

Tri menambahkan, kendaraan yang diproduksi sejak 2018, dirancang memakai bahan bakar yang menghasilkan emisi ramah lingkungan. Spesifikasi bahan bakar diambil dari kesepakatan penggunaan bahan bakar, yang dibuat para produsen mesin kendaraan di seluruh dunia.

"Dalam kesepakatan itu, minimal bahan bakar yang digunakan untuk kendaraan adalah RON 91 hingga batasan saat ini sampai RON 98,” katanya.

Pemakaian BBM dengan RON tinggi, misal Pertamax series, menurut Tri, memang mempengaruhi performa kendaraan. Tidak hanya bagi kendaraan keluaran baru, namun juga keluaran sebelumnya. (Antara/OL-09)

“Kendaraan akan memiliki performa yang lebih cepat dan tinggi. Selain itu gas buang yang dihasilkan akan jauh lebih ramah lingkungan. Penggunaan bahan bakar juga lebih efisien,” ujar Tri.

Bahkan tidak hanya kendaraan roda empat. Menurut Tri, penggunaan bahan bakar berkualitas juga sudah diterapkan kepada kendaraan roda dua. Hal ini, karena sejak tahun 2013, produsen tidak lagi memproduksi sepeda motor dengan mesin kabulator melainkan menggunakan sistem injection.

“Jadi sebenarnya, baik itu kendaraan roda empat ataupun roda dua, harus menggunakan bahan bakar berkualitas,” katanya.

Baca Juga

HPM

Jelang Seri III ITC 2021 Alvin dan Avila Bahar Kuasai Klasemen

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 22:01 WIB
Pada hari yang sama, digelar pula putaran ketiga dari One Make Race Honda Jazz Speed Challenge (HJSC) dan Honda Brio Speed Challenge...
ASTRA

Astra Gelar Festival Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 14:41 WIB
Program ini diinisiasi sebagai wujud kepedulian Astra dalam meningkatkan kesadaran masyarakat Indonesia untuk berperilaku aman...
Honda

Fitur Kolaborasi Honda-Google Meluncur Tahun Depan 

👤RO 🕔Sabtu 25 September 2021, 13:48 WIB
Honda dan Google telah berkolaborasi sejak 2015 dengan industri otomotif yang lebih luas untuk memperkenalkan platform Android ke...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya