Jumat 09 Desember 2022, 18:52 WIB

Gairahkan Kembali Tinju Profesional, DTI Fokus Tingkatkan Kualitas Petinju dan Pertandingan

Mediaindonesia.com | Olahraga
Gairahkan Kembali Tinju Profesional, DTI Fokus Tingkatkan Kualitas Petinju dan Pertandingan

Dok. Dewan Tinju Indonesia
Pengenalan Dewan Tinju Indonesia sebagai badan tinju profesional baru

 

PENINGKATAN kualitas petinju dan kualitas pertandingan menjadi fokus organisasi tinju profesional, Dewan Tinju Indonesia yang baru saja didirikan. Dengan peningkatan kualitas itu, pertandingan tinju dapat berjalan secara fair dan menarik, hingga mampu melahirkan petinju internasional dari Indonesia. 

Ketua Umum DTI Milasari Kusumo Anggraini mengatakan, Kehadiran DTI adalah bersama-sama untuk membina, membangun, mengembangkan, dan memajukan prestasi tinju pro Indonesia, serta menjadikan tinju profesional sebagai salah satu industri olahraga yang bisa diandalkan. 

"DTI Hadir untuk saling melengkapi dengan semua badan tinju yang sudah berdiri terlebih dahulu, tentunya dengan tujuan dan semangat yang sama, yakni ingin memberikan yang terbaik untuk kemajuan Indonesia di pentas internasional," kata Milasari dalam konferensinya dari Amerika Serikat, Jumat (9/12). 

Untuk itu, lanjut Milasari, DTI akan berupaya menjalin kerja sama yang baik dengan berbagai organisasi tinju dunia (WBC, WBA, IBF, WBO), dan organisasi regional (WBC Asia, WBA Asia, WBO Aspac, dan IBF Pan Pacific, dan lain-lain) dengan tujuan untuk menempatkan para petinju Indonesia masuk dalam peringkat organisasi-organisasi tersebut sehingga memudahkan para petinju kita menjadi juara dunia.

DTI juga akan menjalin kerjasama yang baik dengan promotor, petinju, pelatih, manajer, matchmaker, pemerintah, dunia usaha (dalam batasan profesional), serta dengan berbagai organisasi tinju profesional yang ada di Indonesia (KTI, ATI, KTPI, FTI, FTPI) demi kemajuan tinju Indonesia, serta dengan organisasi tinju amatir (Pertina). 

Di sisi lain, DTI juga menaruh perhatian pada kesehatan dan keselamatan petinju, karenanya DTI mengimbau para promotor untuk juga memperhatikan asupan nutrisi petinju di samping latihan yang mumpuni, agar terus tampil prima. 

Baca juga : Timnas Tekken7 Menang Telak atas India

Wakil Ketua Umum DTI G Borlak mengatakan, DTI juga akan melakukan pembinaan terhadap wasit dan perangkat pertandingan lainnya agar pertandingan tinju semakin berkualitas dan makin diminati publik. Ia menyebutkan, sudah ada puluhan wasit dan perangkat pertandingan yang mengikuti pelatihan DTI dan siap diterjunkan untuk memimpin pertandingan. 

"Wasit yang kita punya pun bukan rekrutan baru, tapi wasit berpengalaman yang kemudian kita berikan pelatihan tambahan. Januari nanti mereka siap untuk diterjunkan ke pertandingan tinju," katanya.

Sementara itu, DTI juga sudah menyiapkan sejumlah pertandingan tinju, yang dimulai dari daerah, sekaligusmemperkenalkan secara lebih luas kepada insan tinju Indonesia mengenai keberadaan DTI. 

"Pada pertengahan Desember nanti akan ada pertandingan tingkat daerah yang diselenggarakan oleh DTI di Kalimantan Barat," pungkas Borlak. 

DTI juga akan menerbitkan peringkat petinju setiap awal bulan agar bisa mengetahui posisi setiap petinju dalam peringkat serta mengetahui juara-juara nasional DTI. Peringkat ini akan disebarkan kepada insan tinju Indonesia yang membutuhkan serta dikirim ke organisasi-organisasi tinju regional dan dunia. (RO/OL-7) 

Baca Juga

Stacy Revere / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Getty Images via AFP

50 Poin Antetokounmpo Bawa Bucks Libas Pelicans

👤Mediaindonesia 🕔Senin 30 Januari 2023, 14:33 WIB
Antetokounmpo yang juga mencatatkan double-double dengan juga melakukan 13 kali rebound mencetak poin tertinggi kedua di musim...
Dok. AHM

Crosser Astra Honda Dominasi Gelar Juara di Kejurnas Motocross 2022

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 30 Januari 2023, 13:35 WIB
Pencapaian yang diraih kedua crosser tersebut dikukuhkah pada seri grand final yang diselenggarakan di sirkuit Grand Wisata Bekasi, Jawa...
AFP/Karim Sahib

Hamilton Jadikan Membalap Cara Meluapkan Emosi

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 30 Januari 2023, 13:30 WIB
Hamilton akan memasuki musim F1 ke-17, dan tahun terakhir kontraknya bersama Mercedes pada...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya