Sabtu 05 November 2022, 09:56 WIB

Dewi Fortuna Berpihak, Sabalenka Melaju ke Semifinal WTA Finals 2022

 Rifaldi Putra Irianto | Olahraga
Dewi Fortuna Berpihak, Sabalenka Melaju ke Semifinal WTA Finals 2022

Tom Pennington/Getty Images/AFP
Petenis Belarus Aryna Sabalenka mengungkapkan kebahagiaan setelah menumbangkan petenis AS Jessica Pegula di laga WTA Finals 2022.

 

PETENIS putri peringkat tujuh dunia Aryna Sabalenka mengunci satu tempat di empat besar WTA Finals 2022.

Kemenangan Sabalenka atas Jessica Pegula (Amerika Serikat), serta kekalahan petenis Tunisia Ons Jabeur dari Maria Sakkari (Yunani) membuat Sabalenka bertahan di WTA Finals.

Menduduki posisi ketiga di klasemen grup Nancy Richey, Sabalenka sejatinya hanya bisa pasrah dengan masa depannya di WTA Finals 2022.

Pasalnya, kemenangannya dari Pegula tidak cukup mengantarkannya menuju semifinal, namun juga harus didukung dengan kekalahan satu set dari pesaingnya Jabeur yang menduduki posisi kedua di klasemen.

Setelah Sabalenka sukses merebut kemenangan atas Pegula dengan dua set langsung 6-3 dan 7-5, petenis Belaurisa itu tak serta merta langsung melaju ke semifinal.

Setelah beberapa jam menunggu, Dewi Fortuna pun berpihak kepada Sabalenka. Secara mengejutkan petenis nomor dua dunia Jabeur kalah dari unggulan kelima Sakkari dengan kedudukan 2-6 dan 3-6.

"Saya hanya berpikir bahwa apa pun yang terjadi, menangkan saja pertandingan ini, selesaikan musim dengan kemenangan. Lakukan saja untuk masa depan," tutur Sabalenka dikutip dari WTA, Sabtu (5/11).

Baca juga:  Belum Terkalahkan, Swiatek Lolos Ke Empat Besar WTA Finals 2022

"Saya terus mengatakan hal itu  pada diri sendiri sepanjang pertandingan. Bagaimanapun, bahkan jika saya tidak akan lolos grup ini, saya akan mengambil hal positif dari pertandingan ini," sambungnya.

Mencatatkan 4 set kemenangan dan 3 set kekalahan di klasemen grup Nancy Richey, Sabalenka mengkokohkan diri di posisi kedua klasemen. Sedangkan Sakkari yang tampil sempurna dengan 6 set kemenangan keluar sebagai juara grup.

Jabeur harus puas berada di posisi ketiga klasemen dengan catatan menang-kalah 3-5, sementara Pegula berada di posisi paling buncit dengan 1 set kemenangan dan 6 set kekalahan.

Adapun ini menjadi semifinal pertama bagi Sabalenka di WTA Finals, dia menjadi petenis Belarusia ketiga yang sukses mencapai babak empat besar di WTA Finals setelah Natalia Zvereva (1995) dan Victoria Azarenka (2011 dan 2012).

Di semifinal, Sabalenka sudah ditunggu lawan tangguh yakni petenis nomor satu dunia Iga Swiatek. Itu akan menjadi pertemuan keenam kalinya untuk mereka di mana Swiatek unggul dengan 4 kemenangan berturut-turut, kemenangan terakhir direbut Swiatek pada semifinal Amerika Serikat Terbuka 2022 dengan kedudukan 3-6, 6-1 dn 6-4.

Sementara itu, Jessica Pegula yang gagal melaju ke semifinal mengaku akan segera melupakan kekalahannya di WTA Finals dan bersiap untuk membela Amerika Serikat di turnamen beregu Billie Jean King Cup pekan depan.

"Ini sulit tapi itulah tenis. Anda memiliki satu pekan yang baik, dan kemudian Anda kembali melakukannya di minggu berikutnya. Ada banyak titik tertinggi dan terendah sepanjang perjalanan," tutur Pegula.

"Pekan lalu Saya mengakhiri turnamen dengan baik (Juara Guadalajara Terbuka) dan kemudian saya datang ke sini, kehilangan semua pertandingan saya. Sekarang saya akan fokus ke pertandingan selanjutnya," tukasnya. (Rif/WTA/OL-09)

Baca Juga

AFP

Raih Kemenangan Kedua, Ginting Kian Dekat ke Semifinal BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra irianto 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:07 WIB
TUNGGAL putra bulu tangkis Indonesia Anthony Sinisuka Ginting memperkuat pijakannya untuk melangkah ke babak semifinal BWF World Tour...
AFP/Richard ABrooks

Ginting dan Jojo Sama-Sama Raih Kemenangan di Laga Kedua

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Kamis 08 Desember 2022, 18:05 WIB
Setelah kalah dari Ginting di laga pertama, Jojo --sapaan akrab Jonatan-- berhasil menekuk Loh Kean Yew lewat pertarungan tiga...
Humas PBSI

Apriyani/Fadia Maksimalkan Kesempatan Terakhir

👤Rifaldi Putra I 🕔Kamis 08 Desember 2022, 17:16 WIB
Mereka akan melakoni laga pamungkas babak penyisihan Grup B melawan Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (Tiongkok) pada Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya