Kamis 05 Mei 2022, 15:20 WIB

RI Perjuangkan Tolak Peluru Putri Masuk SEA Games Vietnam

Akmal Fauzi | Olahraga
RI Perjuangkan Tolak Peluru Putri Masuk SEA Games Vietnam

Antara
Atlet tolak peluru putri, Eki Febri, saat berlaga di Kejurnas Atletik.

 

CHEF de Mission (CdM) Kontingen Indonesia untuk SEA Games Vietnam, Ferry Kono, mengklarifikasi kesimpangsiuran kabar penghapusan nomor pertandingan di multi-event terakbar dua tahunan di kawasan ASEAN ke-31.

Ferry menjelaskan bahwa nomor tolak peluru putri dari cabang atletik masih dalam tahap pembahasan dengan VIESGOC. Dalam hal ini, untuk diperlombakan atau tidak.

Mengacu aturan SEA Games Federation (SEAGF), tolak peluru putri bisa dimainkan jika ada tiga atlet. Namun, dalam technical handbook (THB), tertulis tiga negara. 

Dalam Delegation Registration Meeting (DRM), setidaknya ada 3 atlet dari dua negara, yaitu Thailand dan Indonesia, untuk tolak peluru putri.

Baca juga: Perkuat Fisik, Tim Piala Thomas-Uber RI Latihan Ringan

"Sehingga, ini masih dalam tahap pembahasan,” ujar Ferry, Kamis (5/5).

Saat ini, lanjut dia, tim CdM masih memaksimalkan jalur diplomasi, baik ke SEAGF maupun NOC Vietnam. Langkah tersebut sebagai upaya mempertahankan nomor tolak peluru putri di SEA Games Vietnam.

Apabila perlombaan tolak peluru putri dihapus, tentunya akan merugikan Indonesia. Sebab, wakil yang akan tampil, yakni Eki Erawati Febri, merupakan atlet dengan potensi menyumbang medali.

Eki Erawati merupakan pemegang rekor nasional di Kejuaraan Nasional 2017, dengan catatan waktu 15,60 meter. Dia juga peraih medali emas SEA Games 2017 Kuala Lumpur dan pemilik perak di SEA Games 2019 Manila.

Baca juga: Pelari Quach Thi Lan jadi Pembawa Obor Ke Kaldorn SEA Games Vietnam

“NOC Indonesia masih berjuang, karena hingga saat ini kami dan Thailand juga belum menerima surat resmi," pungkas Ferry.

"Kami meminta tolak peluru putri tetap dimainkan, karena secara regulasi ada tiga atlet telah berlatih dan siap berlaga. Atas dasar sportmanship nomor ini tetap harus dimainkan,” imbuhnya.

Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Pengurus Besar Persatuan Atletik Seluruh Indonesia (PB PASI). Saat ini, PB PASI berkomunkasi ke federasi atletik kontinental terkait hal tersebut.

Serta, meminta Federasi Nasional (NF) atletik Vietnam untuk tetap menurunkan atlet di nomor tolak peluru putri. “Segala usaha kami coba, untuk memperjuangkan tolak peluru putri tetap dapat dimainkan di Vietnam,” tandas Ferry.(KOI/OL-11)

Baca Juga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Raih Pole Position, Leclerc Berpeluang Besar Juara Di GP Monaco

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:20 WIB
PEMBALAP Ferrari, Charles Leclerc menjadi yang tercepat dalam kualifikasi balap Formula 1 GP Monaco, Sabtu...
JORGE GUERRERO / AFP

Fabio Di Giannantonio Rebut Pole Position di GP Italia

👤 Rifaldi Putra Irianto 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 21:05 WIB
Pembalap debutan Moto-GP, Fabio Di Giannantonio, berhasil mencatatkan waktu tercepat pada babak kualifikasi GP Italia, yang berlangsung di...
AFP

Formula E Jakarta Gaet Tujuh Sponsor Dalam Negeri

👤Widhoroso 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 20:55 WIB
PANITIA penyelenggara Formula E Jakarta menggaet tujuh sponsor dalam negeri untuk mendukung pelaksanaan ajang balap mobil listrik di Ancol,...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya