Kamis 24 Maret 2022, 10:00 WIB

Osaka Sebut Terapi Membantunya Atasi Masalah Gangguan Mental

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Osaka Sebut Terapi Membantunya Atasi Masalah Gangguan Mental

AFP/Matthew Stockman/Getty Images
Petenis Jepang Naomi Osaka

 

NAOMI Osaka berhasil melaju ke putaran kedua Miami Terbuka, Rabu (23/3), dan kemudian mengungkapkan dirinya tengah menemui terapi untuk membantu masalah mental yang dialaminya setelah tersingkir dari Indian Wells dengan bercucuran air mata, bulan lalu.

Petenis Jepang, yang sempat berisitrahat dari tenis pada 2021 karena mengalami gangguan mental, mencari bantuan setelah kesulitan menghadapi cemoohan penonton saat kalah dari Verinika Kudermetova di Indian Wells.

Peraih empat gelar Grand Slam tampil apik di Stadion Hard Rock untuk mengalahkan Astra Sharma 6-3 dan 6-4 untuk melaju ke putaran kedua Miami Terbuka.

Baca juga: Osaka Melaju ke Putaran Kedua Miami Terbuka

Dengan pensiunnya petenis peringkat satu dunia Ashleigh Barty, yang baru berusia 25 tahun, pengaruh tenis profesional pada tubuh dan jiwa para atlet menjadi sorotan.

"Saya tidak tahu apakah saya diizinkan mengatakan hal ini namun saya akhirnya menemui terapis selepas Indian Wells," ujar Osaka.

"Saya butuh waktu 1 tahun selepas Prancis Terbuka (2021) ketika saya mengumumkan beristirahat."

"Dia memberi saya strategi dan hal lain. Saya menyadari masukkan darinya sangat membantu. Saya senang karena saya memiliki orang-orang di sekitar say yang memberi tahu saya arah yang benar."

"Saya mengingat masukan-masukan dari dia seperti menarik nafas dan merest diri ketika saya membutuhkannya," lanjutnya.

Ketika ditanya mengapa akhirnya dia menggunakan jasa terapi, petenis berusia 24 tahun itu menjawab," Sejujurnya, saudari saya sangat khawati dengan kondisi saya."

"Saya merasa saya telah mencoba berbagai macam hal karena saya terbiasa menginternalisasi berbagai hal. Saya juga terbiasa melakukan segalanya sendirian," imbuhnya.

Osaka menambahkan pelatihnya Wim Fissette juga mendoronga untuk mencari bantuan terapi.

"Wim memberi saya masukan yang baik. Dia mengatakan, 'Kamu mempekerjakan pelatih untuk tenis dan untuk fisik. Pikiran adalah hal yang penting. Jika kamu bisa mendapatkan bantuan profesional, hal itu akan sangat berguna'," ungkap Osaka. (AFP/OL-1)

Baca Juga

AFP

Timnas RI Diharapkan Raih Lebih dari Satu Gelar di BWF World Tour Finals

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 21:48 WIB
Skuad Merah Putih tercatat bakal menurunkan 7 wakil di World Tour Finals edisi 2022, dengan kejuaraan akan berlangsung di Thailand pada...
AFP/Valery HACHE

Ada Olimpiade, Tour de France 2024 tidak Finis di Paris

👤Basuki Eka Purnama 🕔Jumat 02 Desember 2022, 15:15 WIB
Tour 2024 juga akan diakhiri kemungkinan dengan individual time-trial yang menentukan alih-alih sprint finis seperti biasanya sebanyak...
AFP/Patrick McDermott/Getty Images

Pulih Dari Cedera, Middleton Dilaporkan Segera Melantai Bersama Bucks

👤Rifaldi Putra Irianto 🕔Jumat 02 Desember 2022, 13:45 WIB
Middleton sudah tidak bermain sejak mengalami cedera lutut kanan pada pertandingan playoff saat Bucks menghadapi Chicago Bulls, Oktober...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya