Selasa 26 Oktober 2021, 11:42 WIB

Swiatek, Muguruza, dan Badosa Lolos ke WTA Finals 2021

Basuki Eka Purnama | Olahraga
Swiatek, Muguruza, dan Badosa Lolos ke WTA Finals 2021

AFP/Tim Nwachukwu/Getty Images
Petenis Polandia Iga Swiatek

 

ASOSIASI Tenis Putri (WTA) mengumumkan Iga Swiatek, Garbine Muguruza, dan Paula Badosa lolos kualifikasi turnamen WTA Finals yang akan digelar di Guadalajara, Meksiko, November mendatang.

Ketiga petenis itu akan bergabung dengan Aryna Sabalenka, Barbora Krejcikova, Karolina Pliskova, dan Maria Sakkari, yang telah terlebih dahulu lolos di nomor tunggal, dan kini menyisahkan satu tempat setelah mundurnya petenis peringkat satu dunia Ashleigh Barty.

Ini akan menjadi turnamen WTA Finals pertama bagi Swiatek, yang merupakan petenis putri Polandia pertama yang lolos sejak Agnieszka Radwanska pada 2016.

Baca juga: Didera Cedera, Peringkat Federer Keluar dari 10 Besar Dunia

Dalam perjalanannya musim ini, juara Prancis Terbuka 2020 itu telah menyabet dua gelar yakni di Adelaide International dan Italia Terbuka. 

Swiatek juga tampil cukup baik di empat turnamen Grand Slam dengan melaju hingga babak 16 besar di setiap Grand Slam musim ini.

Sementara itu, Muguruza akan tampil di WTA Finals untuk keempat kalinya sepanjang kariernya dengan hasil terbaik datang pada debutnya di 2015 lalu dengan mencapai babak semifinal. 

Dua penampilan lainnya, di 2016 dan 2017, petenis Spanyol itu hanya melaju sampai babak penyisihan grup.

Konsistensi Muguruza dengan mencapai empat final di turnamen tahun ini mengantarkannya kembali lolos kualifikasi WTA Finals, dengan salah satu keberhasilannya menjuarai turnamen tenis di Dubai serta Chicago Fall Tennis Classic.

Petenis Spanyol lainnya, Paula Badosa, juga akan menjalani debutnya di WTA Finals. Dalam perjalanan kariernya musim ini, Badosa sukses memenangkan turnamen WTA 1000 di Indian Wells, awal bulan ini, dan meraih peringkat tertinggi dalam karirnya di peringkat 13 dunia.

Badosa juga meraih gelar juara di Serbia Terbuka, Mei lalu, dan mencapai babak perempat final di Prancis Terbuka serta 16 besar di Wimbledon.

WTA Finals 2021 merupakan turnamen tenis yang mempertandingkan 8 petenis putri teratas dunia, dengan penilaian mencakup hasil dari 50 turnamen WTA dan empat Grand Slam.

Adapun kedelapan petenis nantinya akan bersaing dalam format round-robin dengan juara tunggal akan mengangkat trofi Billie Jean King. (WTA/OL-1)

Baca Juga

AFP/ANDREJ ISAKOVIC

Verstappen Dinyatakan Paling Bersalah dalam Tabrakan dengan Hamilton 

👤Basuki Eka Purnama 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:49 WIB
Pengawas balapan mendapati Verstapen mengerem dengan tiba-tiba dan tidak menentu dan memutuskan sang pembalap paling bertanggung jawab...
Instagram @npcindonesia

Atlet Para Renang Indonesia Berhasil Lampaui Target di AYPG 2021

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:14 WIB
Capaian para renang dinilai sangat mengejutkan, khususnya meraih medali emas. Pasalnya, target awal hanya merebut medali...
MI/Dok NPCI

Atlet-Atlet Putri Sumbang Medali Emas di Para Angkat Berat dan Boccia AYPG

👤Ilham Ananditya 🕔Senin 06 Desember 2021, 10:08 WIB
Medali emas di kelas 79 kg diraih Dwiska Afrilia Maharani. Disusul medali emas kedua yang dipersembahkan Elsa Dewi Saputri dari kelas +86...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya