Senin 02 Agustus 2021, 13:35 WIB

Catatan Bersejarah yang Mengiringi Medali Emas Greysia/Apriani

Akhmad Mustain | Olahraga
Catatan Bersejarah yang Mengiringi Medali Emas Greysia/Apriani

Alexander NEMENOV / AFP
Greysia Polii/Apriyani Rahayu saat menyanyikan lagu Indonesia Raya

 

PASANGAN Greysia Polii/Apriyani Rahayu menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 setelah menyingkirkan ganda putri China Chen Qing Chen/Jia Yi Fan, hari ini.

Tidak hanya menjaga tradisi emas Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020, medali emas dari nomor bulu tangkis ganda putri menjadi yang pertama bagi Indonesia. Greysia/Apriani juga mencatatkan sejarah sebagai pasangan ganda putri pertama yang lolos ke semifinal, dan tentunya juga ganda putri pertama yang bertanding di babak final Olimpiade.

Sebelum Greysia/Apriani, sejak Bulu Tangkis pertama kali dipertandingkan di olimpiade pada 1992, Indonesia pernah merasakan medali emas di semua nomor kecuali ganda putri.

Baca juga: Indonesia Raya Bergema di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo

Pencapian terbaik ganda putri sebelumnya hanya sampai babak perempat final. Di edisi 1992, pencapaian terbaik ganda putri Indonesia diraih oleh Finarsih dan Lili Tampi yang melaju hinga perempat final. Empat tahun berselang, Eliza/Resiana melaju ke perempat final.

Pada Olimpiade 2000 di Sidney, Etty Tantri/Cynthia Tuwankotta juga mampu ke perempat final. Namun setelah itu, ganda putri Indonesia tidak pernah lagi mencapai ke perempat final olimpiade.

Dalam pertandingan final  bulu tangkis ganda putri yang bergulir selama 55 menit di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, Jepang, Greysia/Apriyani memetik kemenangan dalam dua gim dengan skor 21-19, 21-15, seperti dilansir laman BWF.(Ant/OL-4)

Baca Juga

AFP

Iga Swiatek Masih Kukuh di Puncak Peringkat WTA

👤Ant 🕔Senin 03 Oktober 2022, 23:37 WIB
Swiatek merebut gelar juara French Open tahun ini dan masih berselisih hampir dua kali lipat poin dari petenis Tunisia Ons...
Dok. FISI

Hendri Yanto Handoyo Resmi Pimpin Federasi Ice Skating Indonesia (FISI) DKI Jakarta

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 03 Oktober 2022, 21:49 WIB
Susan menyebutkan,  Jakarta sebagai kota besar dengan fasilitas dan sarana latihan yang cukup lengkap diharapkan dapat melahirkan...
MI/DJOKO SARDJONO

Meriahkan HUT Ke-77 TNI, Kodim Klaten Gelar Turnamen Bola Voli Plastik

👤Djoko Sardjono 🕔Senin 03 Oktober 2022, 20:55 WIB
Tujuan diadakan turnamen ini untuk mengasah talenta penggemar bola voli plastik di Klaten. Selain itu, juga untuk memeriahkan HUT ke-77...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya