Selasa 27 Juli 2021, 20:50 WIB

Jadi Juara Grup, Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani Alihkan Fokus ke Perempat Final

Ilham Ananditya | Olahraga
Jadi Juara Grup, Ahsan/Hendra dan Greysia/Apriyani Alihkan Fokus ke Perempat Final

AFP/Alexander Nemenov
Ganda putra Indonesia Mohamamd Ahsan/Hendra Setiawan

 

ATLET bulu tangkis Indonesia Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Greysia Polii/Apriyani Rahayu sama-sama keluar dari babak penyisihan grup di ajang Olimpiade Tokyo 2020 dengan status juara grup, Selasa (27/7).

Sama-sama bertanding di Musashino Forest Sport Plaza, Tokyo, ganda putri Greysia/Apriyani dan ganda putra, Ahsan/Hendra berhasil merebut kemenangan dengan permainan tiga gim.

Greysia/Apriyani berhasil menyapu bersih babak penyisihan grup A dengan laga terakhir melawan unggulan pertama pasangan asal Jepang, Yuki Fukushima/Sayaka Hirota. Sedangkan Ahsan/Hendra menggilas pasangan asal Korea Selatan, Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae di laga terakhir grup D.

Pelatih ganda putri Greys/Apri, Eng Hian, melihat pasangan ganda putri Indonesia sedang beruntung melawan unggulan pertama ketika performa mereka sedang tidak maksimal karena Sayaka sedang cedera di lutut kanannya.

“Saya melihat Greys/Apri bermain normal, hari ini lawan mereka underperform karena kita semua tahu kondisi pasangan Jepang seperti apa. Di dua laga sebelumnya juga saya melihat lawan Greys/Apri bermain tidak normal seperti ada ketegangan.” tegas Eng Hian, pelatih yang menemani Greysia/Apriyani selama di Tokyo.

“Untuk perempat final saya fokus ke penjagaan kondisi saja, karena perjalanan masih panjang, kuncinya dengan menjaga kebugaran fisik dan teknik serta tetap rileks untuk tetap mengontrol ekspektasi.” tambah Eng Hian.

Memuncaki klasemen grup A ternyata bukan fokus utama Greysia/Apriyani. Mereka hanya ingin lolos ke perempatfinal.

“Dari awal kami hanya memikirkan strategi permainan seperti apa. Kami hanya mau berupaya mengatur ritme permainan di dalam lapangan.” ungkap Apriyani.

Baca juga : Aksi Gigit Kuping Ala Tyson Terjadi Di Ring Tinju Olimpiade Tokyo

Hal yang sama juga diungkapkan dari rekan setimnya, Greysia Polii. Dirinya bersyukur dapat menang hari ini karena sebenarnya dirinya tidak terlalu memikirkan untuk keluar sebagai juara grup A. “Kami hanya ingin lolos ke perempatfinal dan kami masih mampu mengeluarkan 100% kemampuan kami tadi,” ungkap Greysia.

“Tapi kami bersyukur akhirnya bisa jadi juara grup. Sekarang tinggal menanti siapa lawan kami selanjutnya,” lanjutnya.

Ganda putra Ahsan/Hendra lebih memilih untuk fokus pada pemulihan ketimbang merasa puas, ketika mereka akhirnya menyabet kemenangan di laga terakhir.

“Alhamdulillah kami bersyukur melewati babak penyisihan tapi jangan puas dulu, masih harus terus fokus persiapan babak berikutnya karena perjalanan masih panjang. Di perempat final dan seterusnya lawan makin berat. Jadi tidak boleh lengah.” ucap Ahsan.

Hendra juga sepakat dengan rekan mainnya itu, mengingat undian untuk babak perempat final juga belum diketahui sehingga berpeluang meladeni lawan yang lebih menyulitkan.

“Belum lega sama sekali, masih tegang karena baru lolos grup. Karena belum tahu lawan siapa kita nanti di perempat final, sekarang kami akan fokus untuk pemulihan. Besok ada waktu istirahat untuk istirahat dan latihan agar bisa bugar lagi.” tambah Hendra

Menyikapi pertandingan terakhir mereka di Grup D, The Daddies, julukan Ahsan/Hendra, menyebutkan bahwa mereka hanya berusaha menerapkan strategi terbaik untuk memastikan lolos ke perempat final.

“Hari ini kami memang sudah siap menghadapi mereka (pasangan Korea Selatan). Kuncinya mengambil satu gim dulu untuk memastikan lolos. Jadi bisa lebih nyaman main di gim berikutnya. Alhamdulillah tadi kami bisa ambil poin gim pertama dan gim selanjutnya dapat bermain lebih lepas. Penting sekali memenangkan pertandingan ini.” tutur Ahsan. (OL-7)

Baca Juga

Dok. Humas PBSI

Praveen/Melati Gagal Lolos ke Semfinal BWF World Tour Finals 

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 19:09 WIB
Praveen/Melati mengawali pertandingan gim pertama dengan start yang tak menjanjikan. Pasangan ganda campuran terbaik Indonesia itu...
Dok MI

Tiba di Singapura, Skuad Garuda Siap Bertanding di Piala AFF

👤Akmal Fauzi 🕔Jumat 03 Desember 2021, 15:11 WIB
Saat ini, skuad Garuda siap bertanding untuk mentas di Piala AFF...
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Menpora Janji Honor Relawan PON-Peparnas Segera Dilunasi

👤Mediaindonesia 🕔Kamis 02 Desember 2021, 21:48 WIB
Menpora memastikan kewajiban honorarium relawan dapat dibayarkan pada akhir tahun...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya