Minggu 21 Maret 2021, 18:34 WIB

Kontroversi All England Bukti Masyarakat Indonesia Bisa Bersatu

Andhika Prasetyo | Olahraga
Kontroversi All England Bukti Masyarakat Indonesia Bisa Bersatu

AFP
Pemain asal Jepang saat berlaga di kompetisi All England 2021.

 

TINDAKAN diskriminatif dan tidak sportif yang dilakukan Badminton World Federation (BWF) terhadap tim nasional Indonesia di ajang All England Open 2021, memicu solidaritas yang luar biasa di Tanah Air. 

Bahkan, sekat kelas sosial mendadak hilang demi membela kehormatan bangsa di mata dunia. Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo menilai hal tersebut merupakan suatu hal yang baik.

Baca juga: PBSI Ungkap Alasan Tim Indonesia Batal Berlaga di All England

Apa yang terjadi saat ini menunjukkan bahwa publik bisa bersatu, ketika Indonesia dilecehkan atau diganggu pihak asing. "Solidaritas sosial bangsa Indonesia sangat kuat. Apa yang dilontarkan kepada All England dan BWF merupakan bentuk protes ketidakadilan," ucap Benny dalam suatu diskusi, Minggu (21/3).

Dia meyakini bahwa nasionalisme bangsa yang tercermin saat ini merupakan hasil dari proses internalisasi kebangsaan, yang sudah dibangun sebelum kemerdekaan. Ini terkait dengan sila ketiga Pancasila, yakni Persatuan Indonesia.

"Jadi, ketika terjadi pelecehan terhadap martabat bangsa, dengan sendirinya rasa solidaritas muncul secara luar biasa," imbuh Benny.

Baca juga: Kemenpora Harus Ambil Hikmah Insiden di All England

Diketahui, tim nasional Indonesia dipaksa mundur dari All England Open 2021, karena berada dalam satu pesawat dengan seseorang yang teridentifikasi positif covid-19.

Meski setelah dites ulang seluruh pemain dan ofisial Indonesia dinyatakan negatif covid-19, namun mereka tetap tidak boleh bertanding. Serta, diwajibkan melalui proses karantina selama 10 hari di Inggris.(OL-11)
 

 

Baca Juga

MI/RAMDANI

Apriani/Siti Fadia Atasi Ganda Jepang Unggulan ke-6 Matsuyama/Shida

👤Dhika kusuma winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:40 WIB
Pada perempat final besok, Apriyani/Siti Fadia sudah ditunggu lawan berat yakni peringkat satu dunia Chen Qing Chen/Jia Yi Fan...
MI/Ramdani

Gregoria Terhenti, Ginting ke Perempat Final

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 16:14 WIB
Gregoria yang pada babak pertama membuat kejutan mengalahkan nomor satu dunia Akane Yamaguchi (Jepang) kini dihadang Zhi Yi dengan dua gim...
ANTARA FOTO/Ari Bowo Sucipto

Daud Yordan Ingin Perpanjang Kemenangan atas Petinju Thailand

👤Dhika Kusuma Winata 🕔Kamis 30 Juni 2022, 15:04 WIB
Sejauh ini, petinju berjuluk Cino itu sudah sembilan kali bertemu petinju asal Thailand. Dia pun berhasrat memperpanjang rekor...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya