Sabtu 20 Maret 2021, 12:23 WIB

Kemenpora Harus Ambil Hikmah Insiden di All England

Anggitondi Martaon | Olahraga
Kemenpora Harus Ambil Hikmah Insiden di All England

ANTARA/Humas Kemenpora/HO
Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali

 

KEMENTERIAN Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) harus mengambil hikmah dari kejadian yang menimpa Tim Nasional (Timnas) Bulu Tangkis Indonesia di ajang All England. Persiapan maksimal harus dilakukan bagi para atlet yang ingin bertanding di luar negeri.

"Khususnya pada masa pandemi agar kejadian yang sama tidak terulang lagi," kata anggota Komisi X Himmatul Aliyah, Sabtu (20/3).

Salah satu persiapan yang harus dilakukan yaitu mempelajari aturan protokol kesehatan di negara tuan rumah. Sehingga, jadwal keberangkatan bisa disesuaikan.

Baca juga: Tim Bulu Tangkis RI Diizinkan Pulang Lebih Cepat dari Inggris

"Jika ada kemungkinan atlet kita harus menjalani karantina karena adanya protokol kesehatan yang ketat, mereka bisa berangkat jauh-jauh hari, tidak berdekatan dengan jadwal pertandingan," ungkap dia.

Selain itu, dia meminta agar pemerintah tidak tinggal diam terhadap perlakuan yang dialami timnas Bulu Tangkis Indonesia. Pemerintah harus mendesak National Health Service (NHS) transparan terkait kejadian ini.

"Bahwa keputusan yang diambil oleh NHS murni dalam rangka menegakkan protokol kesehatan bukan karena kepentingan lain yang mengakibatkan kerugian kita di ajang All England 2021," sebut dia.

Selain itu, Persatuan Bulu tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) dan Kedutaan Indonesia di London mengajukan keberatan kepada Federasi Bulu Tangkis Dunia atau Badminton World Federation (BWF). Sebab, mereka tidak bisa mengantisipasi dan menerapkan aturan permainan di masa pandemi sehingga merugikan tim nasional kita.

"BWF dan otoritas bulu tangkis Inggris harusnya dapat menjamin para pemain yang telah hadir dapat ikut bertanding, bukannya mendapat perlakuan yang tidak adil," pungkas dia. (OL-1)

Baca Juga

AFP/Vaughn Ridley / GETTY IMAGES NORTH AMERICA

Serena Williams Mengaku Ingin Berkembang di Luar Tenis

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 11:15 WIB
Selain ingin fokus menjadi ibu dari putrinya, Olympia, peraih 23 gelar Grand Slam itu juga mengatakan ingin mengembangkan hal lain yang...
AFP/Glyn KIRK

Gauff Sebut Serena Williams Inspirasi Bagi Banyak Petenis Muda

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 10:45 WIB
Gauff, yang kini berperingkat 11 dunia, mengatakan Williams telah meninggalkan warisan yang akan menjadi inspirasi bagi para petenis muda...
AFP/Al Bello/Getty Images

Diultimatum Durant, Pemilik Nets Tegaskan Dukungan untuk Nash

👤Basuki Eka Purnama 🕔Rabu 10 Agustus 2022, 09:15 WIB
"Manajemen dan pelatih kami mendapatkan dukungan penuh dari saya. Kami akan membuat keputusan yang terbaik bagi Brooklyn...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya