Selasa 04 Agustus 2020, 17:45 WIB

10 Ribu Peserta Ramaikan Piala Menpora Esports untuk Pelajar

Akmal Fauzi | Olahraga
10 Ribu Peserta Ramaikan Piala Menpora Esports untuk Pelajar

MI/Akmal Fauzi
Piala Menpora Esports 2020 AXIS

Sebanyak 10 ribu peserta akan berpartisipasi dalam turnamen Piala Menpora Esports 2020 AXIS yang akan digelar bulan ini. Para peserta berasal dari institusi pendidikan, mulai dari SMP, SMA, SMK, dan Universitas seluruh Indonesia.

Esports sebagai cabang olahraga yang berkembang pesat dalam beberapa tahun belakangan, diyakini menjadi salah satu leading sector yang mampu menyikapi kondisi pandemi covid-19 secara positif.

“Pendaftaran sudah kami buka sejak 1 Agustus kemarin. Kami akan kick off pada 17 Agustus nanti. Event ini akan diikuti 2048 tim atau 10 ribu atlet. Saat ini slot tersisa tinggal 400-an tim karena sudah ada 1600-an tim yang sudah mendaftar,” ujar Presiden Indonesia Esports Premier League (IESPL) yang juga Ketua Pelaksana Piala Menpora Esports 2020 Axis, Giring Ganesha dalam jumpa pers virtual, Selasa (4/8).

Baca juga: Start Tour de France di Kopenhagen Diundur Jadi 2022

Giring mengatakan saat berdiskusi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, ajang tersebut selain dijadikan ajang pencarian bakat, juga dimanfaatkan untuk mengkampanyekan bahaya covid-19 ke masyarakat luas.

Giring menambahkan bahwa turnamen ini akan diselenggarakan secara online. Adapun turnamen esports ini akan melombakan game mobile moba paling terkenal di Indonesia, Mobile Legends: Bang Bang.

“Tahun ini, secara online atau daring. Usahain untuk menjaga keselamatan para stakeholder Piala Menpora Esports 2020,” jelasnya.

Sekretaris Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto mengatakan kondisi pandemi covid-19 membuat industri olahraga, baik di Indonesia maupun di negara lain, mengalami kevakuman aktivitas. Namun, justru hal ini berbanding terbalik dengan esports yang semakin menggeliat.

“Olahraga menjadi salah satu lini yang terkena dampak luar biasa dari covid-19. Tapi untuk esports ternyata eksistensi dan antusiasmenya tetap tinggi karena esports bisa dimainkan dengan gegap gempita, baik dengan adanya penonton maupun tanpa penonton. Hal ini yang membuat kami terus mendukung sepenuhnya esports,” ujar Gatot.

Kemenpora, sambungnya, telah memikirkan berbagai upaya dalam pengembangan esports yang positif di Indonesia. Piala Menpora Esports 2020 sebagai wadah kompetisi esports yang diikuti oleh kelompok pelajar dan mahasiswa.

“Piala Menpora Esports 2020 yang digagas oleh Pak Menteri Zainudin Amali merupakan bentuk implementasi dari dukungan pemerintah terhadap kemajuan esports di Indonesia. Pesan dari kegiatan ini sangat jelas, yaitu pemerintah akan selalu mendukung olahraga yang memiliki talenta dan kelak dapat mengharumkan nama bangsa,” pungkasnya. (OL-14)

Baca Juga

AFP/Hamad I Mohammed

Ferrari Tes Privat di Sirkuit Fiorano Hari Ini

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 25 Januari 2021, 05:30 WIB
Itu akan menjadi satu-satunya kesempatan bagi sang pembalap Spanyol menguji mobil Ferrari sebelum sesi tes pramusim selama tiga hari di...
ANTARA/HO-Badmintonphoto/Raphael Sachetat

Di Thailand Open 2021, Pelapis Ganda Putra Indonesia Cukup Baik

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:59 WIB
Menurut pelatih bulu tangkis ganda putra Herry IP, penampilan ketiga pasangan pelapis Indonesia itu sudah cukup baik untuk debut...
Dok.PBSI

Kurang Fokus, Gugurnya Wakil Indonesia di Toyota 1000 Series

👤Dero Iqbal Mahendra 🕔Minggu 24 Januari 2021, 20:50 WIB
Pelatih Tunggal Putra Hendry Saputra mengatakan pemain tunggal Indonesia gagal Toyota Thailand Open 1000 disebabkan kurang fokus saat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya