Senin 06 Maret 2023, 14:53 WIB

Presiden Jokowi Resmikan RS Mayapada Green Hospital Pertama Indonesia

Naviandri | Nusantara
Presiden Jokowi Resmikan RS Mayapada Green Hospital Pertama Indonesia

MI/Naviandri.
Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Mayapada di Kota Bandung Jawa Barat, Senin (6/3).

 

PRESIDEN Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit (RS) Mayapada di Jalan Buahbatu Kota Bandung, Jawa Barat (Jabar), pada Senin (6/3). Ini merupakan rumah sakit green hospital pertama di Indonesia. 

Dalam peresmian tersebut, turut hadir Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, pendiri Mayapada Grup Dato Sri Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare Jonathan Tahir, serta jajaran direksi. Sebelum meresmikan, orang nomor satu di Indonesia itu sempat diajak berkeliling melihat fasilitas Mayapada Hospital Bandung. "Saya tadi baru saja masuk ke RS ini Mayapada Hospital Bandung. Yang saya lihat, semua ruangannya, alkesnya, tata ruangnya, sangat bagus," jelas 
Jokowi.

Menurut Presiden, dengan fasilitas kesehatan seperti Mayapada Hospital Bandung diharapkan akan mengurangi masyarakat yang pergi berobat ke luar negeri. "Informasi yang saya terima hampir 2 juta masyarakat kita masih pergi berobat ke luar negeri apabila sakit. Padahal, kita memiliki RS seperti ini," ujarnya.

Mayapada Hospital Bandung bakal menjadi rumah sakit green hospital pertama di Indonesia yang tersertifikasi 
Greenship dan Edge. Jonathan Tahir, Group CEO Mayapada Healthcare (MH), mengatakan, Mayapada Hospital Bandung merupakan rumah sakit ke-6 dari Mayapada Healthcare yang beroperasi sejak Februari 2023. "Mayapada Hospital Bandung merupakan unit rumah sakit pertama kami yang mengusung tema green hospital, tidak hanya secara konsep, tetapi kami berkomitmen penuh hingga meraih sertifikasi Greenship & EDGE untuk memberikan pelayanan kesehatan yang bermutu dan berkualitas khususnya untuk masyarakat daerah Bandung, Jabar, dan sekitarnya," terangnya.

Mayapada Hospital Bandung yang memperoleh sertifikasi greenship dengan poin tertinggi platinum memiliki lahan seluas 2,5 hektare. Rumah sakit terdiri dari 16 lantai dengan kapasitas lebih dari 200 tempat tidur untuk melayani masyarakat. 

Bangunannya pun didukung konstruksi desain sesuai dengan pedoman Kementrian Kesehatan. Sekitar 15% dari total lahan dijadikan area hijau dan penyediaan parkir sepeda. Mayapada Hospital Bandung juga menerapkan efisiensi energi di area RS dengan memaksimalkan cahaya alami dari penggunaan kaca-kaca besar di area rumah sakit dan tidak memerlukan lampu tambahan. 

Selain itu, Mayapada Hospital Bandung menggunakan peralatan yang hemat energi sehingga mengurangi 38% energi dari rata-rata pemakaian gedung lain. Penerapan sistem pengolahan limbah padat dan cair juga dimaksimalkan secara baik, di samping penggunaaan material bangunan dan interior yang nontoksik, hingga memberikan ruang hijau di area rumah sakit.

Jonathan mengatakan, Mayapada Hospital menyediakan layanan emergency 24 jam yang siap menangani kasus kegawatdaruratan, seperti jantung, stroke, maupun trauma atau kecelakaan yang didukung dengan alur Instalasi Gawat 
Darurat (IGD) yang terpisah bagi pasien infeksius dan noninfeksius. Mayapada Hospital memiliki berbagai layanan unggulan, seperti Oncology Center (pusat rujukan kanker) yang komprehensif dan Tahir Neuroscience Center menangani rangkaian masalah kesehatan saraf mulai dari deteksi dini, tindakan kegawatdaruratan, penanganan bedah yang terintegrasi, hingga terapi rehabilitasi pascatindakan yang didukung oleh dokter multispesialisasi.

"Hadir juga Cardiovascular Center yang menangani permasalahan kelainan pada jantung. Layanan unggulan lain yaitu Gastrohepatology Center yang menangani permasalahan di seluruh saluran cerna mulai dari deteksi dini hingga pembedahan minimal invasive," lanjut Jonathan. Ini didukung oleh tim dokter-dokter multispesialisasi terintegrasi yang lengkap mulai dari dokter spesialis hingga sub-spesialis, pemeriksaan medis dan pemeriksaan penunjang, serta dilengkapi peralatan medis terkini.

"Acara peresmian dan pembukaan Mayapada Hospital Bandung merupakan perwujudan komitmen kami dalam tahap rangkaian ekspansi Mayapada Healthcare di Jabar setelah November 2021 hadir di Surabaya," sambungnya. Pada kesempatan ini, Mayapada Hospital melalui Tahir Foundation memberikan donasi sebesar Rp5 miliar kepada BPJS Kesehatan sebagai wujud kepedulian Mayapada Healthcare untuk membantu masyarakat mendapatkan akses yang lebih baik terhadap pelayanan kesehatan serta meningkatkan kualitas taraf hidup masyarakat. (Z-2)

Baca Juga

MI/Gabriel Langga).

Berkah Ramadan Penjual Klamud di Sikka Menjamur

👤Gabriel Langga 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:51 WIB
BULAN suci Ramadan selalu menjadi berkah bagi para penjual klamud alias kelapa muda yang mayoritas beragama Katolik di Kabupaten Sikka,...
Ist

Kemenkominfo Gelar Literasi Digital Cermat Bermain Media Sosial di Sidrap

👤mediaindoonesia.com 🕔Jumat 24 Maret 2023, 13:02 WIB
Kegiatan program literasi digital nasional dengan tema “Cermat Bermain Media Sosial,”  ini diikuti 11.838 siswa dari 230...
Antara

LRT Palembang Perbolehkan Penumpang Makan dan Minum saat Jam Berbuka Puasa

👤Dwi Apriani¬† 🕔Jumat 24 Maret 2023, 12:55 WIB
Pengelola light rail transit (LRT) di Palembang, memperbolehkan penumpang untuk memecah buka puasa di dalam gerbong...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya