Selasa 28 Februari 2023, 09:16 WIB

Hari Pertama Masuk Sekolah Pukul 05.00, Ribuan Siswa di Kupang Terlambat

Palce Amalo | Nusantara
Hari Pertama Masuk Sekolah Pukul 05.00, Ribuan Siswa di Kupang Terlambat

MI/Palce Amalo
Ribuan siswa datang telat imbas kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 di Kota Kupang, NTT yang dimulai hari ini, Selasa (28/2/2023)

 

HARI pertama pemberlakuan kebijakan masuk sekolah pukul 05.00 di Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT), Selasa (28/2) terpantau tidak berjalan efektif.

Pantauan di SMA Negeri 5, Jalan Thamrin, Kota Kupang hanya sembilan siswa yang datang tepat waktu yakni pada pukul 05.00 Wita, sedangkan ribuan siswa lainnya terlambat masuk sekolah. Jumah siswa SMA Negeri 5 Kupang sekitar 1.500 orang.

"Rata-rata siswa datang pukul 06.00 dan 06.30 Wita," kata Yoseph Moruk, siswa pada sekolah tersebut.

Setelah sembilan siswa tersebut tiba di sekolah, dilanjutkan dengan apel pagi di halaman sekolah. Seusai apel pagi, siswa masuk ke kelas untuk mengikuti kegiatan belajar mengajar (KBM).

Sesuai pantauan, para guru, pegawai dan guru-guru magang juga terlihat datang pukul 05.00 Wita. Beberapa guru dan pegawai mengatakan tidak setuju dengan kebijakan yang dikeluarkan Gubernur NTT Viktor Laiskodat tersebut.

Pekan lalu, Gubernur Laiskodat memilih enam SMA dan empat SMK di Kota Kupang yang siswanya harus masuk sekolah lebih awal pada pukul 05.00.

Alasannya, Laiskodat ingin membentuk karakter siswa agar menjadi generasi yang unggul. Tidak hanya unggul dalam akademik tetapi juga karakter.

Sekolah yang siswanya harus masuk sekolah lebih awal ialah SMA Negeri 1, SMA Negeri 2, SMA Negeri 3, SMA Negeri 5, dan SMA Negeri 6. Kemudian SMK Negeri 1, SMK Negeri 2, SMK Negeri 3 dan SMK Negeri 4.

Namun, Yoseph menilai kebijakan masuk sekolah pada puku 05.00 bakal berdampak pada daya serap siswa, terhadap pelajaran yang disampaikan guru. "Seharusnya pembuat keputusan paham tentang psikologi pendidikan. Masuk jam 5 ini akan memengaruhi daya serap siswa,"ujarnya. (OL-13)

Baca Juga: Puluhan Gempa Susulan Terjadi di Poso, Warga Diminta Waspada

 

Baca Juga

Metro tv/ Fransiskus Gerardus Molo

Pj Bupati Flotim Ancam Tindak Tegas ASN dan Kades yang Berpolitik Praktis

👤Fransiskus Gerardus Molo 🕔Minggu 26 Maret 2023, 08:39 WIB
"ASN di wilayah lingkup Pemda Flores Timur dan para Kepala Desa jangan coba-coba bermain dalam hal politik dan terlibat. Itu saya...
Instagram @bahlillahadalia

Hadirnya PYCH Tingkatkan Kreatifitas dan SDM Generasi Muda Papua 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 23:05 WIB
Bahlil menambahkan PYCH juga dapat menjadi wadah yang bisa dimanfaatkan semua kalangan masyarakat Papua untuk meningkatkan Sumber Daya...
MI/HO

Bazar Sembako Murah Ganjar Meriah di Garut dan Bone

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 25 Maret 2023, 22:58 WIB
"Bulan Ramadan ini penuh dengan keberkahan, kita bisa mengamalkan kebaikan melalui Bazar Sembako Murah, festival UMKM khusus untuk...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya