Kamis 12 Januari 2023, 20:19 WIB

FNB Kota Tegal Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Nelayan Dan Pelaku Usaha Perikanan

Supardji Rasban | Nusantara
FNB Kota Tegal Minta Pemerintah Perhatikan Nasib Nelayan Dan Pelaku Usaha Perikanan

DOK MI
Ilustrasi

 

RIBUAN nelayan dan pelaku usaha perikanan di Kota Tegal, Jawa Tengah, yang tergabung dalam Front Nelayan Bersatu (FNB) melakukan aksi demo , Kamis (12/1). Mereka mendesak pemberlakuan Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) pascaproduksi 10 persen oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) diturunkan menjadi 5 persen.

Ribuan pengunjuk rasa bergerak dari Pelabuhan Pelelangan Ikan Jongor, terus ke Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Tegal. Kepala Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Tengah, Tuti Suprianti menemui para unjuk rasa dan menandatangani dokumen tuntutan aksi.

Pengunjuk rasa melanjutkan aksinya dengan berjalan kaki ke Gedung DPRD Kota Tegal. Wali Kota Tegal Dedy Yon Supriono dan Ketua DPRD Kota Tegal Sukendro, ikut naik ke mobil komando setelah diminta para pengunjuk rasa.

Tokoh nelayan Tegal, H. Tambari Ghustom, menuturkan jika saat ini nelayan banyak dirugikan dengan beberapa kebijakan pemerintah, termasuk harga solar yang dinilai masih tinggi. "Kami tetap meminta pemerintah untuk menurunkan harga solar yang kami anggap masih tinggi," tutur Tambari.

Tambari juga minta KKP menurunkan PNBP yang 10 presen menjadi 5 presen. "PNBP 10 presen bagi kami sangat memberatkan," cetus Tambari.

Ketua HNSI Provinsi Jawa Tengah, H Riswanto, juga mendesak pemerintah untuk menurunkan PNBP dari 10 persen menjadi 5 persen. "Ya aksi kita ini intinya mendesak agar PNBP 10 persen diturunkan menjadi 5 persen, "ujar Riswanto.

Setelah menggelar audensi antara perwakilan nelayan dan Ketua DPRD Kusnendro serta Walikota Tegal Dedy Yon Supriono, disepakati mereka mendukung tuntutan nelayan dan akan menyampaikan ke pemerintah pusat. (OL-15)

Baca Juga

Metro TV/Teguh Angga.

Mantan Anggota DPRD Langkat Tewas Ditembak

👤Teguh Angga 🕔Jumat 27 Januari 2023, 15:00 WIB
Atas kejadian itu, anak-istri Paino tak mampu membendung duka. Istri Paino terus menunjukkan muka kesedihan dan berkali-kali menangis...
MI/Widjajadi

Ratusan Anak TK Sambut Peresmian Solo Safari

👤Widjajadi 🕔Jumat 27 Januari 2023, 14:14 WIB
Kawasan seluas 13,9 hektare (ha) itu menghadirkan lebih dari 347 individu satwa dari total 87 spesies satwa endemik Indonesia yang terancam...
Dok. Traveloka

5 Rekomendasi Hotel Murah di Bandung, Tetap Nyaman dan Lengkap

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Januari 2023, 13:43 WIB
Jika pergi berlibur ke Bandung, Anda perlu mencari tempat menginap yang nyaman dan terjangkau. Tidak perlu mahal, karena ada banyak hotel...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya