Kamis 12 Januari 2023, 16:27 WIB

Ribuan Hektare Tambak Terdampak Banjir Kendal, Kerugian Miliaran Rupiah

Wahyudi | Nusantara
Ribuan Hektare Tambak Terdampak Banjir Kendal, Kerugian Miliaran Rupiah

Metro TV/Wahyudi.
Tambak ikan yang terdampak banjir di Kendal.

 

DAMPAK banjir di wilayah Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, menimbulkan kerugian yang cukup besar. Banjir tidak hanya menggenangi permukiman penduduk, tetapi juga menerjang ribuan hektare area tambak ikan dengan kerugian lebih dari Rp8 miliar.

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendal, Hudi Sambodo, mengatakan banjir menimpa tambak ikan yang berada di tujuh kecamatan, yakni Kaliwungu, Brangsong, Kendal, Cepiring, Patebon, Kangkung, dan Rowosari. Perhitungan total ada sekitar 1.845 hektare tambak ikan yang terkena banjir dengan kerugian mencapai Rp8,4 miliar. 

Tambak yang terkena banjir di antaranya berisi ikan bandeng, udang, nila, dan ikan lele. Yang paling besar terkena banjir ialah tambak ikan bandeng dengan umur bervariasi, Ada yang baru ditebar benih, umur 3 bulan, bahkan ada yang sudah siap panen.

Baca juga: Banjir Pati Terus Meluas, Warga Keluhkan Minimnya Bantuan

Pihaknya sudah menyampaikan data tersebut ke Pemkab Kendal dan Gubernur Jawa Tengah. "Data tersebut akan dijadikan acuan terkait bantuan bagi tambak yang terdampak banjir. Bantuan bisa berupa benih ikan yang saat ini masih dalam proses," Hudi.

Sumono, pemilik tambak di Kelurahan Karangsari, mengatakan tambak ikan bandeng yang dipeliharanya sekitar 4 hektare. Semua terendam banjir. "Ikan bandeng yang sudah berumur dua bulan pun hilang dengan kerugian jutaan rupiah," Sumono.

Baca juga: Banjir Kudus kembali Naik akibat Pintu Bendungan Wilalung Dibuka

Pemilik tambak di Kendal berharap ada bantuan dari pemerintah, seperti benih ikan, untuk memulihkan kembali tambak terdampak banjir sehingga dapat kembali produktif. (OL-14)

Baca Juga

MI/Palce Amalo

BI: Ekonomi NTT Tetap Kuat Hadapi Lonjakan Inflasi Tekanan Global

👤Palce Amalo 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:25 WIB
KANTOR Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Nusa Tenggara Timur melaporkan kinerja ekonomi daerah itu masih menunjukkan ketahanan yang cukup...
MI/Adi Kristiadi

Mardiono Sowan ke Pimpinan Ponpes Sukahideng: Optimis PPP Jaya Lagi

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 08 Februari 2023, 06:10 WIB
Plt Ketum PPP Muhamad Mardiono mendapat arahan dari Pimpinan Ponpes Sukahideng, Tasikmalaya untuk terus mendekatkan diri kepada para kiai...
dok.ist

Aksi GMP Tularkan Semangat Gotong Royong ke Milenial di Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 08 Februari 2023, 05:56 WIB
KOMUNITAS Ganjar Muda Padjadjaran (GMP) menginisasi gerakan positif melalui bakti sosial bebersih lingkungan dan ngobrol perkara iman...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya