Rabu 04 Januari 2023, 21:40 WIB

Banjir Rendam Dua Desa di Besuki Situbondo belum Surut

Suyono Kasim | Nusantara
Banjir Rendam Dua Desa di Besuki Situbondo belum Surut

Metro TV/Suyono Kasim.
Banjir di Besuki, Situbondo, Jawa Timur.

 

HUJAN deras dengan intensitas tinggi semalam membuat dua desa di Kecamatan Besuki, Situbondo, Jawa Timur, terendam. Ratusan rumah warga di Desa Demung, Besuki, terendam banjir hingga Rabu (4/1) pagi.

Ketinggian air semalam mencapai pinggang orang dewasa dan melumpuhkan aktivitas warga. Tingginya debit sejumlah sungai yang bermuara di sekitar permukiman warga ini membuat banjir sulit untuk surut. Banjir surut diperkirakan hingga dua hari.

Meluapnya sejumlah sungai membuat sedikitnya 300 rumah warga di Dusun Demung Barat, Besuki, terendam air sejak Selasa (3/1) malam. Ketinggian air di jalan raya masih mencapai lutut orang dewasa pada Rabu siang. 

Sejumlah rumah juga masih tergenang air hingga 30 sentimeter. Bahkan dapur rumah warga yang lebih rendah dari bangunan terasnya terendam hingga membuat perabot dan kebutuhan makanan hanyut.

Pemerintah Desa Demung menyebut banjir terjadi setelah wilayah mereka diguyur hujan deras sejak Selasa siang hingga malam. Air mulai naik ke permukiman sekitar pukul 20.00 WIB. 

Ketinggian air diakui mereka mencapai pinggang orang dewasa. Namun tak ada satu pun warga yang mau mengungsi. Mereka menunggui rumah dan mengevakuasi barang berharga ke tempat lebih aman.

Hari ini sisa genangan di rumah warga dan jalan desa juga masih tinggi. "Di dusun lain yang lebih tinggi banjirnya kini sudah surut karena di sini berada di kerendahan," ujar Aguk Prayugi, Kades Demung.

Banjir ini diakui Aguk sudah musiman saat hujan terjadi. Namun, banjir kali ini lebih parah dari sebelumnya karena tiga RT terendam di dusun ini. Pihaknya masih berkoordinasi dengan BPBD untuk meminta bantuan bagi korban yang terdampak. (OL-14)

Baca Juga

DOK MI

Pejabat Itjen Kemendikbudristek Disebut Titipkan Keponakan Di Unila

👤Cri Canon Ria Dewi 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:19 WIB
Salah satu pejabat Itjen Kemendikbudristek disebut saksi kasus suap penerimaan mahasiswa Universitas Lampung (Unila) melalui jalur...
ANTARA

Warga Bandung Keberatan Harus Tunjukkan KTP Dalam Pembelian Minyakita

👤Naviandri 🕔Kamis 09 Februari 2023, 20:01 WIB
HINGGA kini minyak goreng kemasan bersubsidi, Minyakita sulit didapat. Bahkan jikapun ada harganya di atas harga eceran tertinggi...
DOK MI

Anggaran Kebencanaan Di Kota Sukabumi Masih Minim

👤Benny Bastiandy 🕔Kamis 09 Februari 2023, 19:49 WIB
ALOKASI anggaran kebencanaan di Kota Sukabumi, Jawa Barat, relatif masih cukup...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya