Selasa 03 Januari 2023, 19:17 WIB

Polda DIY Tangkap Tersangka Pencurian di Rumah Jaksa Penuntut KPK

Furqon Ulya Himawan | Nusantara
Polda DIY Tangkap Tersangka Pencurian di Rumah Jaksa Penuntut KPK

DOK.MI
Ilustrasi

 

DIREKTUR Reskrimum Polda Daerah Istimewa Yogyakarta Kombes Nuredy Irwansyah Putra menyebut polisi telah menangkap tersangka kasus pencurian dengan pemberatan yang terjadi di rumah Ferdian Adi Nugroho, jaksa penuntut Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

"Pada Senin (2/1) kita melakukan penangkapan terhadap dua tersangka," kata Nuredy kepada para wartawan di Mapolda DIY, Selasa (3/1).

Menurut Nuredy, kedua tersangka masing-masing berinisial SIP dan JN. Keduanya ditangkap di dua lokasi yang berbeda di wilayah Jakarta.

"Penangkapan pertama, tersangka berinisial SIP di wilayah Cilincing, Jakarta Utara," katanya.

Hasil pengembangan penyelidikan, polisi menangkap tersangka kedua berinisial JN di wilayah Ciracas, Jakarta Timur. Keduanya lalu dibawa ke Polda DIY untuk penyelidikan dan penyidikan lebih lanjut.

Kedua tersangka, lanjut Nuredy, sangat profesional dan pernah melakukan kejahatan serupa. Mereka hanya membutuhkan 6 menit untuk masuk rumah korban dan mengambil barang milik korban. "Dari jam 09.39, selesai 09.46," kata Nuredy.

Tersangka SIP, menurut Nuredy, pernah ditahan di Kota Tegal, kasus pencurian dengan pemberatan. Sedangkan tersangka JN merupakan residivis Lapas Cipinang dengan kasus yang sama pada 2019, dan residivis Sulawesi Selatan dengan kasus narkoba.


Baca juga: Banjir Lebak Meluas ke Desa Gunung Anten Kecamatan Cimarga


Dari hasil penangkapan kedua tersangka, polisi menyita sejumlah barang bukti berupa satu buah set obeng untuk mencongkel gembok dan rumah korban, dua buah helm dan pakaian yang digunakan pada saat melakukan kejahatan.

Sedangkan laptop, hardisk, dan barang bukti lain milik korban yang hilang belum ditemukan.

"Hasil keterangan tersangka, barang bukti lainnya, ada yang dibuang ke sungai di wilayah Yogyakarta," kata Nuredy. "Tentunya kami akan
melakukan penelsuruan," imbuhnya.

Nuredy mengaku masih mendalami motif tersangka, apakah karena kasus yang sedang ditangani Jaksa Penuntut KPK tersebut atau motif lain. Mengingat barang-barang yang dicuri dibuang ke sungai.

"Motifnya masih kami dalami," kata Nuredy.

Sebelumnya, pada 24 Desember 2022, terjadi kasus kasus pencurian dengan pemberatan di daerah Wirobran, Kota Yogyakarta, dengan korban Jaksa Penuntut KPK.

Dalam peristiwa itu, gerbang dan pintu utama rumah kondisinya sudah terbuka dan rusak. Satu buah laptop beserta tas, hard disk eksternal,
telepon genggam, serta digital video recorder (DVR) CCTV di rumah korban juga hilang.

Korban merupakan kepala satuan tugas (kasatgas) penuntutan yang sedang menangani beberapa perkara, salah satunya terkait kasus korupsi yang melibatkan mantan Wali Kota Yogyakarta Haryadi Suyuti. (OL-16)

 

Baca Juga

Dok. BSKDN Kemendagri

Evaluasi Pengukuran IPKD, BSKDN Minta Pemprov dan Pemkab dj Gorontalo Lengkapi Data

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 07:37 WIB
Evaluasi tersebut dilakukan melalui rapat bersama Badan Pengelolaan Keungan dan Aset Daerah (BPKAD) Provinsi...
MI/HO

Komunitas Kiai Muda Jatim Gelar Khitanan Massal di Bojonegoro

👤mediaindonesia.com 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:25 WIB
KOMUNITAS Kiai Muda Jawa Timur melaksanakan khitanan massal bertema Khitan Itu Sehat 2023 di Pondok Pesantren (Ponpes) Nabaul Qur'an Al...
MI/HO

Temui Komunitas Penyandang Disabilitas, Ganjar Siapkan Pelatihan Usaha dan Pemasaran

👤Haryanto 🕔Selasa 31 Januari 2023, 06:20 WIB
 GUBERNUR Jateng Ganjar Pranowo selalu bersedia untuk memberikan pendampingan dan pelatihan bagi para penyandang disabilitas yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya