Senin 02 Januari 2023, 20:35 WIB

Penanganan HIV/AIDS Di Sulteng Belum Maksimal

M Taufan SP Bustan | Nusantara
Penanganan HIV/AIDS Di Sulteng Belum Maksimal

DOK MI
HIV/AIDS

 

PEMERINTAH Sulawesi Tengah (Sulteng) menilai penanganan HIV/AIDS di provinsi itu pada 2022 belum maksimal.

Asisten Bidang Pemerintahan Setdaprov Sulteng, Moh Faizal Mang mengatakan, secara umum upaya penanggulangan HIV/AIDS telah dilaksanakan dengan baik. Mulai dari tingkat provinsi melalui KPA Sulteng maupun KPA kabupaten/kota. "Namun apa yang telah dilakukan itu masih belum maksimal," terangnya, Senin (2/1).

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Sulteng 2022, secara kumulatif kasus HIV/AIDS yang ditemukan berjumlah kurang lebih 2.616 kasus. Sementara angka estimasi kasus HIV/AIDS di Sulteng berjumlah 4.702 kasus.  

Artinya, menurut Faisal, kasus yang terungkap 2022 hanya sekitar 55,63%. "Dan hal itu dikarenakan penularannya lebih dari 90% melalui hubungan seksual yang berisiko baik heteroseksual maupun homoseksual," ungkapnya.

Karena itu, Faisal berharap, komitmen pimpinan daerah yang tentunya berimpilikasi kedalam pokja-pokja termasuk jajaran OPD, masyarakat, dan juga elemen-elemen yang berhubungan dalam upaya penanggulangan AIDS. 

"Harus dimulai dengan mengidentifikasi permasalahan dan upaya pemecahannya dalam pelaksanaan penanggulangan HIV/AIDS. Dan penanganan kasus ini harus melibatkan semua pihak," paparnya.  

Faisal menambahkan, setiap OPD ketika melaksanakan sebuah kegiatan wajib menyisipkan materi yang berkaitan dengan HIV/AIDS. "Dan semoga pihak-pihak terkait dapat mengeluarkan program terbaik dalam menanganai persoalan HIV/AIDS di Sulteng," tandasnya. (OL-15)

Baca Juga

dok.ant

Polda NTT : Tak Ada Laporan Penculikan Anak di Kota Kupang

👤Palce Amalo 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:39 WIB
KABID Humas Polda Nusa Tenggara Timur (NTT) Kombes Ariasandy memastikan tidak ada penculikan anak di wilayah Kota...
dok.ant

Sakit Hati Alasan Mantan Wali Kota Blitar Samanhudi Merampok

👤Faishol Taselan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 15:32 WIB
MOTIVASI mantan Wali Kota Blitar, Jawa Timur Samanhudi Anwar yang terlibat dalam perampokan di rumah dinas Wali Kota Blitar akhirnya...
MI/VOUCKE LONTAAN

Ketua Umum Legio Luminis Indonesia Wenny Lementut Salurkan 1.000 Paket Bantuan Korban Bencana di Manado

👤Voucke Lontaan 🕔Rabu 01 Februari 2023, 14:32 WIB
Apa yang dibuat LLI tersebut semata-mata karena alasan kemanusiaan. Ini wujud kepedulian sesama umat manusia kepada warga yang terkena...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya