Minggu 01 Januari 2023, 14:10 WIB

Banjir di Kudus Meluas hingga 16 Desa

Jamaah | Nusantara
Banjir di Kudus Meluas hingga 16 Desa

MI/Jamaah.
Kondisi banjir di wilayah Kecamatan Mejobo, Kudus, Minggu (1/1).

 

TINGGINYA intensitas hujan membuat banjir meluas hingga di 16 desa dalam empat kecamatan, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah. Banjir meluas karena ada tanggul jebol hingga melimpasnya sungai.

Dari rilis data BPBD Kudus mencatat banjir di Kecamatan Kaliwungu melanda Desa Setrokalangan dan Mijen serta Kecamatan Jati terdapat Desa Jati Wetan, Jetis Kapuan, Tanjungkarang, dan Jati Kulon. Lantas banjir di Kecamatan Undaan menerpa Desa Ngemplak, Karangrowo, Wates, dan Undaan Lor serta Kecamatan Mejobo di Desa Kirig, Payaman, Gulang, Temulus, Kesambi, dan Golantepus.

Dari data tersebut 14.800 jiwa warga Kudus terdampak banjir. Sementara upaya BPBD Kudus masih melakukan koordinasi dengan pihak terkait untuk mengevakuasi warga.

Seperti dalam pantauan banjir di Desa Kesambi, pemerintah setempat mencatat terdapat 1.810 dari 5.470 jiwa yang tedampak banjir. Kepala Desa Mukhamad Masri mengatakan, banjir terjadi di wilayah tersebut sejak Sabtu (31/12). Hingga kini banjir terus meluas hingga ke daerah lain dan terus meningkat genangan banjir.

"Terdapat tujuh RW di desa kami. Paling parah berada di RW 11. Genangan banjir di rumah mulai setinggi 20 sentimeter sampai 80 sentimeter," kata Mukamad Masri kepada wartawan, Minggu (1/1).

Banjir di Desa Kesambi karena melimpas sungai Piji yang melintas di Desa Kesambi. Selain itu jebolnya tanggul sungai Hadiwarno menambah debit air banjir di Desa Kesmbi.

Baca juga: Belasan Ribu Warga Pekalongan Terdampak Banjir

Salah satu warga Kesambi, Solikan, mengatakan antisipasi banjir terus naik dirinya mulai mengamankan barang berharga di rumah ke tempat yang lebih aman. Pasalnya, kondisi sungai masih cukup tinggi dan intensitas hujan juga masih terus mengguyur wilayah tersebut.

"Banjir ini karena hujan di sini juga karena kiriman dari Pegunungan Muria yang dibawa Sungai Piji. Kami warga sudah siap-siap sejak kemarin. Ini justru naik lagi," terangnya. (OL-14)

Baca Juga

dok.pemkab sikka

SMSI Kecam Pernyataan Ketua Fraksi PAN di DPRD Sikka

👤Gabriel Langga 🕔Minggu 05 Februari 2023, 11:30 WIB
SERIKAT media Siber Indonesia (SMSI) Kabupaten Sikka,  NTT mengecam  Ketua Fraksi Partai PAN di DPRD Kabupaten Sikka, Philip...
dok.Ist

Srikandi NTT Gelar Standup Comedy Bareng Anak Muda Kupang

👤mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 11:25 WIB
Srikandi Ganjar Nusa Tenggara Timur (NTT) bekerja sama dengan komunitas anak muda di Kota Kupang untuk menggelar kegiatan standup...
Dok. Pemprov Jateng

Peringati 1 Abad NU, PBNU Silaturahmi ke Ponpes Roudlotus Sholichin

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 05 Februari 2023, 10:22 WIB
Rombongan PBNU yang diwakili Wakil Sekretaris Jendral Isfandiari Mahbub Djunaidi di Ponpes Roudlotus Sholichiin kali ini merupakan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya