Minggu 27 November 2022, 15:08 WIB

Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

M. Iqbal Al Machmudi | Nusantara
Kemenkes Targetkan 1,2 Juta Anak di Aceh Dapat Vaksin Polio 

Antara
Petugas medis menunjukkan vaksin polio sebelum diberikan kepada seorang balita.

 

KEMENTERIAN Kesehatan (Kemenkes) menargetkan 1,2 juta anak di wilayah Aceh mendapat imunisasi polio pada Senin (28/11) besok. Hingga saat ini, sudah ditemukan 3 anak yang mengidap polio di Aceh.

"Besok imunisasi polio serentak. Kami menargetkan 1,21 juta anak dengan kelompok umur 12 tahun ke bawah," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kemenkes Siti Nadia Tarmizi saat dihubungi, Minggu (27/11).

Untuk Kabupaten Pidie, lanjut dia, imunisasi serentak akan dilakukan puskesmas dan tenaga kesehatan setempat. Petugas juga terus melakkan sosialisai Sub Pekan Imunisasi Nasional (Sub PIN) untuk vaksinasi polio.

Baca juga: KLB Polio, Menkes: Vaksinasi di Pidie Dimulai 28 November

Adapun jenis vaksin polio ada dua, yakni oral polio vaccine (OPV) untuk polio tipe 1 dan 3 dengan cara oral. Kemudian, inactivated polio vaccine (IPV) untuk tipe 1, 2 dan 3 dengan cara suntik.

Sementara itu, untuk daerah di luar Aceh, imunisasi polio akan dilakukan mengikuti program Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN). Kemenkes melaporkan terdapat 415 kabupaten/kota dari 30 provinsi dengan kategori polio risiko tinggi.

Baca juga: Temuan Kasus Polio, Pemerintah Diminta Galakkan Kembali Imunisasi

"Ini karena ada kasus polio yang lain dengan catchup program BIAN. Program tersebut untuk mempercepat imunisasi lengkap, sehingga bisa segera imunisasi," jelas Nadia.

Diketahui, sejumlah provinsi selain Aceh yang cakupan vaksinasi inactivated polio vaccine (IPV) tergolong rendah, seperti Papua Barat, Maluku, Sumatera Barat dan Yogyakarta.(OL-11)
 

Baca Juga

Dok. handout Istagram @raga.alfath

Cerita Raga Alfath Besarkan Bisnis Digital Aset.id, dari Malang Kini Ekspansi ke Ibu Kota Jakarta 

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:42 WIB
Raga membangun digital platform yang diberi nama Aset.id sejak akhir 2020. Meski baru berjalan selama dua tahun lamanya, Raga sebenarnya...
dok.ant

Di Sulawesi Tenggara hanya Minyakita yang Langka

👤Rahmat Rullah 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:37 WIB
KEPALA Perum Bulog, Sulawesi Tenggara (Sultra), Siti Mardati Saing menjelaskan, khusus minyak goreng, merek Minyakita yang disubsidi...
Dok. KSP

Padi Reborn dan D'Masiv Sukes Hibur Pecinta Musik Cilegon di BNI The Royale Music Fest 2023

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 06 Februari 2023, 22:32 WIB
Konser musik yang dihadiri oleh sekitar 2 ribu penonton yang mayoritas sobat padi serta massiver tersebut, bak membius para penikmat musik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya