Selasa 15 November 2022, 13:50 WIB

Harga Cabai Merah di Medan Naik Lagi, Kenaikannya Diprediksi Tak Lama

Yoseph Pencawan | Nusantara
Harga Cabai Merah di Medan Naik Lagi, Kenaikannya Diprediksi Tak Lama

MI/Kristiadi
Harga cabai kembali naik di Medan, Sumatera Utara.

 

HARGA cabai merah di Kota Medan mulai mengalami kenaikan pada perdagangan awal pekan ini meski kenaikan tersebut diyakini  tidak akan bertahan lama.

Pada pekan sebelumnya harga cabai merah di Kota Medan sempat mengalami penurunan tajam. Harga turun hingga menyentuh angka Rp20.600 per kg. Namun  pada perdagangan awal pekan ini harga cabai merah di beberapa pasar tradisional di Medan melonjak sampai ke kisaran harga Rp28.000 per kg.

Kendati demikian, Pengamat Ekonomi Sumut Gunawan Benjamin meyakini kenaikan harga tersebut tidak akan bertahan lama. "Kenaikan harga cabai merah di Kota Medan ini tidak akan bertahan lama," ujarnya, Selasa (15/11).

Menurut dia, meski di Medan mengalami kenaikan tetapi harga cabai merah di sejumlah kota lain di Sumut relatif masih stabil. Seperti di Kota Gunungsitoli, Pematangsiantar, Padangsidimpuan dan Kota Sibolga.

Kondisi itu menjadi indikator kuat bagi Gunawan untuk menilai kenaikan harga cabai merah di Medan tidak akan terus belanjut.

Dia melihat salah satu penyebab kenaikan harga cabai merah di Medan karena stok yang menipis. Adapun pasokan cabai merah ke Medan kebanyakan berasal dari Kabupaten Karo.

Sejauh ini, harga cabai di tingkat petani berada dalam rentang Rp9.000 - Rp13.000 per kg. Menurut Gunawan, harga tersebut berada di bawah harga keekonomian petani.

Menurut dia, disparitas harga yang terlalu lebar antara petani dan pedagang pengecer saat ini, selain karena minimnya stok, juga akibat curah hujan yang tinggi. Kondisi itu membuat pedagang mengompensasi cabai yang busuk ke harga jual.

Karena itu, dengan memertimbangkan banyaknya stok cabai yang tersedia di level petani saat ini, dia meyakini kenaikan harga cabai merah di Medan bukan menjadi indikasi kenaikan harga dalam waktu yang lama.

Bahkan dia juga punya keyakinan harga cabai merah di Sumut masih akan melanjutkan tren penurunan sehingga bisa memperburuk daya beli petani. "Harga cabai yang terbentuk saat ini mengacu pada mekanisme pasar. Jadi murni pasar yang membentuknya, sehingga fluktuasi harga cabai masih cukup lebar, khususnya di bulan November ini," pungkasnya.(OL-13)

Baca Juga: Harga Cabai Merah Anjlok Rp.28.000 per Kilogram di Pematang Siantar

 

Baca Juga

MI/HO

Didik Mukrianto: Karang Taruna Berkomitmen Lahirkan Generasi Unggul Berwatak Sosial

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:42 WIB
Menurutnya, Karang Taruna akan terus memperkokoh peran sosialnya, menjadi perekat sosial dan penyambung solidaritas...
Antara.

Jangkauan Luas Prakerja, Warga Pulau Sumba Tambah Penghasilan

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:42 WIB
Erlinda Rambu Enga ialah salah satu penerima manfaat Kartu Prakerja yang berasal dari Pulau Sumba, salah satu pulau di selatan Nusantara...
MI/Jamaah

Banjir di Pati Meluap, Jalan Alternatif Pati - Grobogan Ditutup Sementara

👤Jamaah 🕔Kamis 01 Desember 2022, 13:25 WIB
BANJIR yang merendam sejumlah kecamatan di Pati, Jawa Tengah, Terus meluas. Hingga Kamis (1/12/2022) sudah tujuh kecamatan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya