Kamis 15 September 2022, 19:20 WIB

Tiga Pejabat di Flotim Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Covid-19

Gabriel Langga | Nusantara
Tiga Pejabat di Flotim Jadi Tersangka Kasus Korupsi Dana Covid-19

DOK MI
Ilustrasi

 

KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Nusa Tenggara Timur (NTT), Kamis (15/9) menetapkan Sekretariat Daerah (Sekda) Kabupaten Flores Timur, PIG, Kepala BPBD Flotim, AHB, dan Bendahara BPBD Flotim, PLT, sebagai tersangka kasus dugaan korupsi anggaran percepatan penanganan Covid-19 pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Flores Timur Tahun Anggaran 2020.

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Flores Timur (Flotim), Bayu Setyo Pratomo dalam konferensi pers menjelaskan berdasarkan hasil refocusing kegiatan dan alokasi anggaran untuk percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Flores Timur, Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Flores Timur mendapat alokasi dana belanja tidak terduga sejumlah Rp6.482.519.650. Dana tersebut diperuntukan untuk penanganan darurat bencana.

Namun, proses pengajuan pencairan anggaran belanja tidak terduga (BTT) oleh BPBD Kabupaten Flotim dilakukan tidak sesuai dengan peraturan-peraturan perundang-undangan. Namun laporan pertanggungjawaban penggunaan anggaran tidak didukung bukti yang sah dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kita tetapkan tiga tersangka dalam kasus dugaan korupsi dana Covid-19. Terdapat penyimpangan yang menimbulkan kerugian keuangan negara sebesar Rp1.569.264," papar dia.

Sementara itu, Kasi Pidsus Kejari Flotim, Cornelis S. Oematan, saat ini kejaksaan baru menahan satu tersangka yaitu AHB. Sementara itu, dua tersangka lainnya belum ditahan dikarenakan mangkir dari panggilan pemeriksaan.

"Baru satu yang ditahan. Dua tersangka yakni Sekda dan Bendahara BPBD kita sudah panggil tetapi tidak datang. Apabila kita panggil juga tidak datang maka kita akan lakukan dengan tindakan sesuai dengan peraturan berlaku," papar dia. (OL-15)

Baca Juga

DOK Humas Pemkab Lamongan

Lestarikan Makanan Khas, Pemkab Lamongan Gelar Festival Kuliner

👤M Yakub 🕔Rabu 28 September 2022, 21:51 WIB
PEMKAB Lamongan, Jatim, mengelar Festival Kuliner Lamongan yang menyajikan jajanan khas daerah...
MI/Haryanto

Ganjar Minta Pendataan Sertifikasi Tanah Dipercepat

👤Haryanto 🕔Rabu 28 September 2022, 21:48 WIB
KETUA Gugus Tugas Reforma Agraria (GTRA) Jawa Tengah, Ganjar Pranowo meminta penataan ruang, redistribusi tanah dan sertifikasi tanah...
MI/BAYU ANGGORO

Jawa Barat Gencar Lawan Rabies

👤Bayu Anggoro 🕔Rabu 28 September 2022, 21:45 WIB
Masyarakat yang memiliki hewan peliharaan seperti kucing, anjing, monyet, musang, dan hewan peliharaan lain yang berpotensi menularkan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya