Rabu 07 September 2022, 18:42 WIB

Kasus Kekerasan Seksual SMA SPI, Julianto Divonis 12 Tahun Penjara

Bagus Suryo | Nusantara
Kasus Kekerasan Seksual SMA SPI, Julianto Divonis 12 Tahun Penjara

DOK MI
Ilustrasi

 

MAJELIS hakim Pengadilan Negeri Kota Malang, Jawa Timur, Rabu (7/9) memvonis Julianto Eka Putra hukuman 12 tahun penjara. Terdakwa  diputus bersalah melakukan kekerasan seksual di SMA Selamat Pagi  Indonesia (SPI) Kota Batu.

Ketua Majelis Hakim Herlina Rayes membacakan putusan terhadap Julianto selain hukuman 12 tahun penjara juga denda Rp300 juta subsider kurungan selama tiga bulan.

Selain itu, Julianto dipidana restitusi pada korban Rp44.744.623. Bila tidak bisa membayar maka harta bendanya disita untuk membayar restitusi. Kalau  belum mencukupi maka diganti kurungan 1 tahun.

"Menyatakan terdakwa Julianto Eka Putra alias Ko Jul secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan pidana," kata Herlina.

Dalam putusan itu, terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan sengaja membujuk anak melakukan persetubuhan. Perbuatan terdakwa itu pidana melanggar UU Perlindungan Anak.

Seusai membacakan putusan, Herlina menyampaikan hak kepada terdakwa maupun jaksa penuntut umum untuk menerima, menolak, atau pikir-pikir. Melalui pengacaranya, Julianto yang mengikuti sidang secara virtual dari LP Lowokwaru Malang, menyatakan banding.

Sementara itu, JPU Yogi Sudarsono mengatakan masih pikir-pikir atas putusan terhadap JE tersebut. "Kita pelajari dulu putusannya, masih ada waktu tujuh hari," katanya. (OL-15)

Baca Juga

Antara

30.505 Nakes di Sumut Telah Divaksinasi Covid-10 Penguat Tahap Dua

👤Mediaindonesia.com 🕔Kamis 29 September 2022, 01:21 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara mencatat sebanyak 30.505 dari 93.508 persen tenaga kesehatan di daerah tersebut telah mendapatkan...
ANTARA/Nova Wahyudi

BKSDA: Konflik Warga dengan Beruang di Sumsel Dipicu Musim Durian

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:45 WIB
Masa panen durian yang berlangsung saat ini menjadi salah satu indikator utama mereka hingga keluar dari kawasan hutan menyasar permukiman...
ANTARA/Aditya Rohman

Lansia Penabrak Angkot Tewaskan Tiga Orang di Sukabumi Jadi Tersangka

👤mediaindonesia.com 🕔Rabu 28 September 2022, 23:14 WIB
Penetapan tersangka ini pun berdasarkan dari hasil pemeriksaan kendaraan yang digunakan EH oleh Dishub Kota Sukabumi dan oleh ketua mekanik...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya