Jumat 02 September 2022, 17:32 WIB

Kolaborasi Sumsel dan Jabar Dorong UMKM Peroleh Apresiasi

Mediaindonesia.com | Nusantara
Kolaborasi Sumsel dan Jabar Dorong UMKM Peroleh Apresiasi

DOK Pribadi.
Dalam Hari UMKM Nasional, dua provinsi tersebut melakukan perjanjian kerja sama dalam rangka menguatkan perdagangan antarprovinsi.

 

MENTERI Koperasi dan UMKM Teten Masduki mengapresiasi kepada dua provinsi yaitu Sumatra Selatan dan Provinsi Jabar yang terus mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dengan menampilkan produk dari masing-masing kedua provinsi tersebut pada puncak Hari UMKM Nasional. 

"Saya memberikan apresiasi kepada Gubernur Sumatra Selatan dan Jabar kegiatan ini menjadi ajang bagi UMKM dalam mempromosikan produknya," kata Menteri Koperasi dan UMKM saat Peringatan Hari UMKM Nasional di Cihampelas Walk Bandung, Jawa Barat, belum lama ini. Apalagi, lanjutnya, dalam Hari UMKM Nasional, dua provinsi tersebut melakukan perjanjian kerja sama dalam rangka menguatkan perdagangan antarprovinsi. "Kerja sama perdagangan yang dilakukan antardua provinsi ini penting dalam upaya mendorong dan menguatkan belanja prodak UMKM," katanya. 

Kuartal kedua ekonomi Indonesia, lanjutnya, kembali pulih tumbuh dan itu ditopang oleh konsumsi rumah tangga. "Kita terus waspada karena ekonomi global tidak menentu. Untuk itu kita harus mendorong dan konsumsi masyarakat terus diperkuat melalui membuka lapangan pekerjaan serta membeli dan belanja menggunakan produk UMKM," ucapnya.

Gubernur Sumsel Herman Deru mengaku bangga karena pihaknya mendapat kehormatan sebab UMKM Sumsel bisa menampilkan pada Harnas UMKM. "Atas izin Pak Menteri kami bersemangat dengan Pak Ridwan Kamil bersepakat melakukan hubungan dagang tukar-menukar komoditas melalui penandatanganan perjanjian kerja sama," ungkapnya.

Menurut Bapak Pembangunan Sumsel itu, kerja sama ini dilakukan agar pemerintah lebih intervensi yang lebih maksimal lagi dalam mendorong UMKM. "Kita tahu bahwa UMKM ini terbukti sangat ampuh meskipun sempat terkontraksi. Namun ini tetap bangkit karena UMKM berdaya saing luar biasa dan pasarnya jelas sehingga membuat Indonesia termasuk negara yang tangguh," ujarnya. 

Di samping itu, Sumsel terus berupaya menekan angka kemiskinan melalui program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP). "Ada gerakan kami yang di-launching akhir 2021 yaitu program GSMP. Presiden sudah mendengungkan penanaman hortikultura di halaman rumah. Memang gerakan seperti ini terbukti pada kuartal terakhir ini penurunan kemiskinan memang bisa konkret dengan gerakan yang langsung menyentuh ke masyarakat dengan dukungan semua pihak," ujarnya.

Herman Deru berharap agar Harnas UMKM 2023 dapat digelar di Sumsel sehingga ada keseimbangan. "Tadi kita sepakat Jabar dan Sumsel berkolaborasi. Kami berharap Harnas UMKM dan Hari Koperasi kita satukan dan kami siap menjadi tuan rumah," ujarnya.

Di tempat yang sama, Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku bangga atas kegiatan Harnas UMKM di Jabar. Apalagi kegiatan ini primadonanya Provinsi Sumsel. Ridwan Kamil juga merasa bersemangat sebab peringatan Harnas kali ini akan melalukan perjanjian kerja sama dengan Sumsel. Menurutnya, kerja sama ini upaya meningkatkan dan mengangkat produk UMKM tanpa harus impor. "Kita menyepakati kerja sama ini bahwa dunia sedang tidak baik-baik, agar kita tidak terjebak tentu kita perlu kerja sama ini," katanya. (RO/OL-14)

Baca Juga

AFP/Timur Matahari

Dinkes Sumut Laporkan Kasus Harian Covid-19 Bertambah 16 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Selasa 27 September 2022, 01:05 WIB
Dinas Kesehatan Provinsi Sumatra Utara melaporkan kasus harian covid-19 di daerah tersebut bertambah sebanyak 16 orang pada...
MI/M Taufan SP Bustan

Melawan Paham dan Aksi Ekstrimisme Melalui Film

👤M Taufan SP Bustan 🕔Senin 26 September 2022, 23:50 WIB
Cerita dalam film ini adalah salah satu fakta yang ada pasca KSB Mujahidin Indonesia Timur (MIT) pimpinan Santoso alias Abu Wardah eksis...
Medcom

Korban Terseret Arus di Pantai Batu Tampih Ditemukan Meninggal

👤Ruta Suryana 🕔Senin 26 September 2022, 22:10 WIB
TIM SAR akhirnya menemukan satu korban terseret arus di Pantai Batu Tampih, Tabanan, Bali, Senin...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya