Sabtu 13 Agustus 2022, 20:18 WIB

Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Kudus

Jamaah | Nusantara
Angin Puting Beliung Terjang Tiga Desa di Kudus

DOK.MI
Ilustrasi puting beliung

 

ANGIN puting beliung menerjang tiga desa di wilayah Kecamatan Undaan, Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (13/8) sore. Desa tersebut yakni Desa Undaan Kidul, Desa Glagahwaru, dan Desa Medini.

Kerusakan terparah berada di Desa Medini akibatnya lebih dari 30 rumah warga dan sebuah pasar desa rusak parah.

Dalam pantauan di lokasi, kondisi sebagian atap Pasar Wage di Desa Undaan Kidul memprihatinkan. Atap berbahan asbes berserakan di jalan bahkan hingga terbang ke rumah warga.

Sedangkan kondisi kerusakan rumah warga rata-rata atap genteng yang rusak disapu angin.

Sumardi, warga Desa Undaan Kidul, menceritakan kronologis saat puting beliung mendadak memorakporandakan pasar dan permukiman.

Menurut dia, kejadian angin kencang sekitar pukul 15.00 WIB, di mana sebelum angin menerjang sempat gerimis dan awan hitam mengumpul di wilayah Undaan Kidul.


Baca juga: Dua Kecamatan di Pangandaran Tergenang akibat Luapan Sungai


"Suaranya itu tadi gemuruh seperti petasan, der dar gitu, itu suara atap pasar terbang dan rumah warga berjatuhan. Saya juga nggak berani keluar waktu itu hanya bisa melihat dari dalam rumah," kata Sumardi kepada Media Indonesia, Jumat (13/8).

Angin puting beliung terjadi sekitar 15 menit. Usai angin reda, kondisi pasar sudah rusak parah. Sementara atap rumahnya hilang beterbangan,
ditambah kondisi hujan membuat air memasuki rumahnya.

Sementara Moh Nur Huda, Perangkat Desa Medini, menjelaskan, hingga Sabtu petang pihaknya masih melakukan pendataan terhadap rumah warga yang mengalami kerusakan. Dari data sementara kerusakan terdapat 30 rumah dan 1 Pasar Wage.

"Kerusakan Pasar Wage mencapai 80%, atapnya hilang semua hancur," terangnya.

Selain itu, puting beliung juga membuat tiang listrik roboh. Kini di lokasi masih belum teraliri listrik. Petugas PLN Area Kudus masih melakukan penanganan.

Sementara di Desa Glagahwaru dan Desa Medini, sejumlah rumah juga rusak akibat puting beliung. Namun belum diketahui secara pasti data kerusakan rumah warga. Hingga kini, relawan tanggap bencana dan relawan BPBD Kudus telah diterjunkan. (OL-16)

Baca Juga

ANTARA/HO/POLRES TAPUT

Bantuan Kemanusiaan Mengalir ke Wilayah Terdampak Gempa di Taput

👤Yoseph Pencawan 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 23:00 WIB
Kabid Humas Polda Sumut Kombes Hadi Wahyudi mengatakan, pihaknya telah menyalurkan ratusan paket bantuan kemanusiaan ke Tapanuli Utara...
MI/Januari Hutabarat

BNPB Sebut 962 Rumah Rusak Akibat Gempa Tapanuli Utara

👤Januari Hutabarat 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:51 WIB
BNPB juga mengirimkan personel guna dukungan kaji cepat dan akan memberikan bantuan Dana Siap Pakai (DSP) yang akan diserahkan untuk...
MI/SUPARDJI RASBAN

Kemendikbud Ristek Tetapkan Batik Salem Brebes Warisan Budaya Tak Benda 2022

👤Supardji Rasban 🕔Minggu 02 Oktober 2022, 22:30 WIB
Batik Salem melengkapi dua prestasi Brebes sebelumnya yang sudah ditetapkan sebagai WBTB, yaitu telor asin dan Ritual...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya