Jumat 12 Agustus 2022, 16:52 WIB

Festival Kopi Cianjur Upaya Membangkitkan Kejayaan Kopi Cianjur

Benny Bastiandy | Nusantara
Festival Kopi Cianjur Upaya Membangkitkan Kejayaan Kopi Cianjur

MI/Beben
Salah satu kedai di Jalan KH Abdullah bin Nuh di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, yang konsisten menjual kopi asli Cianjur.

 

BERBAGAI kreativitas dan inovasi dilakukan Pemkab Cianjur, Jawa Barat mendongkrak kunjungan wisatawan. Selain penataan kawasan-kawasan wisata berbasis alam, mulai didorong juga para pelaku usaha menghadirkan kegiatan dalam bentuk festival yang diyakini bisa menjadi daya tarik wisatawan.

Satu di antaranya kegiatan festival kopi yang diselenggarakan belum lama ini. Festival itu diyakini bisa menjadi magnet bagi para wisatawan dari luar daerah berdatangan ke Cianjur.

"Festival kopi ini salah satu cara menarik wisatawan datang ke Cianjur. Kita perkenalkan beragam jenis kopi asli Cianjur yang tak kalah sedap dengan kopi dari daerah lain," kata Bupati Cianjur, Herman Suherman, Jumat (12/8).

Informasi yang dihimpun, zaman dulu, Kabupaten Cianjur merupakan salah satu daerah penghasil kopi terbaik di Indonesia, terutama jenis arabica. Bahkan, hasil kopi yang diekspor ke berbagai negara itu digandrungi masyarakat di berbagai negara, terutama Eropa.

Konon, pada tahun 1730, Kabupaten Cianjur mampu mengekspor kopi jenis arabica hampir 6 juta pound atau setara 2.721.555 Kg atau 2,7 ton. Saking terkenalnya sebagai penghasil kopi terbaik, kopi juga diabadikan sebagai sebut nama daerah yakni Selakopi. Artinya, tempat
yang berada di sela-sela tanaman kopi.

"Kami berharap, festival kopi bukan hanya bisa mendatangkan wisatawan lokal tapi juga regional, nasional, hingga internasional," tuturnya.

Herman berharap festival kopi bisa dilaksanakan secara berkelanjutan. Festival kopi yang perdana digelar mengangkat tema 'Industri Kopi Cianjur menjadi Salah Satu Tujuan Pariwisata Budaya dan UMKM Berbasis Teknologi' itu merupakan kolaborasi Dinas Koperdagin dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata serta Komunitas Kopi Cianjur dan Kukami Entertainment.

"Saya harapkan kegiatan festival kopi inj menjadi agenda tahunan. Kita kenalkan, kembangkan, dan besarkan produksi kopi Cianjur sekaligus menarik wisatawan agar datang ke Cianjur, terutama para penyuka kopi. Saya yakin, ketika wisatawan sudah merasakan nikmatnya kopi Cianjur, tanpa diminta pun akan datang sendiri. Ini juga akan berdampak terhadap kesejahteraan para petani kopi di Cianjur," pungkasnya. (OL-13)

Baca Juga: Food & Hotel Indonesia 2022 Sukses dan Gaet 32 Ribu Pengunjung

 

 

Baca Juga

DOK Pribadi.

Tumbuhkan Gotong Royong, Tani Center IPB Gandeng PC NU Klaten

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 25 September 2022, 22:17 WIB
Tani Center IPB University, dengan berbekal kebanggaan terhadap kebinekaan bangsa serta pengetahuan tentang pertanian ekologis, berkomitmen...
MGN/ Triawati Prihatsari

Kapolda Jateng: Ledakan di Asrama Polisi Akibat Kelalaian Anggota

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 22:15 WIB
"Artinya saya pastikan bahwa ledakan di wilayah kita di daerah Sukoharjo, tidak ada unsur teror," ujar Kapolda...
Antara

Warga Evakuasi Polisi Korban Ledakan ke RS Moewardi Surakarta

👤Yakub Pryatama Wijayaatmaja 🕔Minggu 25 September 2022, 21:45 WIB
Adapun ledakan kencang itu memakan satu korban, yakni Bripka Dirgantara...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya