Minggu 31 Juli 2022, 10:30 WIB

Tas Purun dan Sasirangan Laris Manis di Pasar Amerika

Denny Susanto | Nusantara
Tas Purun dan Sasirangan Laris Manis di Pasar Amerika

ANTARA FOTO/Widodo S Jusuf
Ilustrasi kain sasirangan

 

PRODUK kerajinan unggulan Provinsi Kalimantan Selatan berupa tas anyaman purun dan kain sasirangan banyak diminati dan menjadi salah satu produk yang laris manis di pasar Amerika. Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) Kalsel jajaki peluang ekspor produk unggulan UMKM ke sejumlah negara bagian Amerika dan Eropa.

"Produk kerajinan UMKM asal Kalsel banyak diminati pasar luar negeri. Beberapa waktu lalu, Apindo telah melakukan ekspor produk kerajinan tas purun dan sasirangan ke Amerika dan dalam waktu singkat habis terjual," ungkap Ketua Apindo Kalsel Supriadi, Minggu (31/7).

Sebelumnya, Apindo Kalsel berhasil melakukan ekspor tas purun dan sasirangan Kalsel ke Amerika dengan nilai transaksi US$75.000 atau senilai Rp1,12 miliar.

"Dalam waktu dekat kita akan kembali melakukan ekspor produk-produk kerajinan asal Kalsel ini," imbuh Supriadi yang memiliki bisnis di Amerika.

Dikatakannya, saat ini sudah terbangun jaringan bisnis bekerja sama dengan diaspora di 10 negara bagian Amerika seperti Seattle, Colorado, Chicago, Las Vegas, New York, Los Angeles, Florida, Ohio, Nevada dan Alabama. Selain pasar Amerika, Apindo juga membidik pasar negara-negara Eropa dan kawasan Asia.

Baca juga: Masyarakat Desa Gambut di Kalsel Lestarikan Kain Sasirangan

Supriadi yang akan maju dalam bursa pemilihan Ketua Kadin Kalsel ini juga mengatakan produk UMKM Kalsel cukup potensial untuk dipasarkan ke mancanegara. Untuk itu pihaknya berharap adanya dukungan pemerintah daerah terkait pembinaan UMKM agar mampu menghasilkan produk berkualitas dan memenuhi selera pasar ekspor.

Dalam rangka pengembangan potensi pasar ekspor produk kerajinan ini, Apindo Kalsel bekerja sama dengan sejumlah UMKM di sejumlah daerah seperti Kabupaten Barito Kuala dan Tapin.

Terpisah, Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menyatakan komitmennya dalam memajukan UMKM daerah agar mampu berkembang dan menjangkau pasar ekspor. Serta komitmen dalam percepatan belanja PDN dan pemanfaatan e-katalog di Kalsel.(OL-5)

Baca Juga

Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...
DOK MI

DCF 2022 Digelar 2-4 September

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:46 WIB
SETELAH digelar secara virtual karena pandemi Covid-19, ajang Dieng Culture Festival (DCF) 2022 akan dilaksanakan secara tatap...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya