Senin 04 Juli 2022, 10:30 WIB

Member JKT48 Diduga Dilecehkan di Sukoharjo, Ini Kata Polisi

Siti Yona Hukmana | Nusantara
Member JKT48 Diduga Dilecehkan di Sukoharjo, Ini Kata Polisi

Instagram @jkt48
JKT48 saat tampil di The Park Mall.

 

MEMBER JKT48 diduga mengalami pelecehan seksual saat menggelar konser di The Park Mall Sukoharjo, Jawa Tengah, Selasa (28/6). Polisi mengaku masih menunggu laporan sebelum menindaklanjuti dugaan pidana tersebut.

"Itu merupakan delik aduan (kecuali korban penyandang disabilitas dan anak). Sementara, personel JKT48 tergolong dewasa (wajib melaporkan)," kata Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho saat dikonfirmasi, Senin (4/7).

Wahyu mengatakan delik aduan diketahui setelah penyidik melakukan gelar perkara awal atas peristiwa itu. Penanganan kasus itu dapat merujuk Pasal 6 huruf a Undang-Undang (UU) Nomor 12 Tahun 2022 tentang Tindak Pidana Kekerasan Seksual.

Baca juga: Berani Bersuara dari Laleilmanino dan JKT48 Sukses di Youtube

Beleid itu menyatakan setiap orang yang melakukan perbuatan seksual secara fisik yang ditujukan terhadap tubuh, keinginan seksual, dan/atau organ reproduksi dengan maksud merendahkan harkat dan martabat seseorang berdasarkan seksualitas dan/atau kesusilaannya yang tidak termasuk dalam ketentuan pidana lain yang lebih berat dengan pidana penjara paling lama 4 tahun dan/atau pidana denda paling banyak Rp50 juta.

Namun, Wahyu mengatakan kasus itu baru sebatas klarifikasi. Tidak bisa naik ke tahap penyelidikan dan penyidikan tanpa laporan dari korban.

"Sampai saat ini sudah dilakukan klarifikasi dengan panitia dan manajemen artis, tidak ada rencana melaporkan kejadian tersebut," ungkap Wahyu.

Aksi dugaan pelecehan seksual itu viral di media sosial beberapa waktu lalu. Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka juga merespons insiden itu.

Ia membantah pelecehan terjadi di sebuah mal di Solo. Gibran mengklarifikasi lokasi kejadian di pusat perbelanjaan Kabupaten Sukoharjo.

Meski begitu, Gibran memberikan perhatian khusus tentang dugaan pelecehan terhadap anggota JKT48 itu. Gibran berharap dugaan pelecehan tersebut tidak terjadi di daerah lain.

"Hal ini menjadi perhatian saya, lantaran beberapa waktu belakangan group JKT48 diduga mengalami pelecehan seksual saat konser di mall yang menurut judul artikel terjadi di Solo," cuit putra Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu. (OL-1)

Baca Juga

Dok. BPIP

Gelar Silatda, BPIP Puji Kerukunan di Sumatra Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 09:34 WIB
"Provinsi Sumatra Barat memiliki karakteristik kewilayahan yangvstrategis, memiliki potensi dalam sektor kelautan, perikanan,...
Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya