Senin 27 Juni 2022, 19:47 WIB

Berani Bersuara dari Laleilmanino dan JKT48 Sukses di Youtube

Mediaindonesia.com | Hiburan
Berani Bersuara dari Laleilmanino dan JKT48 Sukses di Youtube

DOK Kemenkominfo.
Lagu Berani Bersuara <3<3 ditonton oleh sekitar 335 ribu orang di Youtube saat ini.

 

BERANI Bersuara <3<3 ditonton oleh sekitar 335 ribu orang di Youtube saat ini. Lagu ini diciptakan sebagai bentuk ajakan untuk masyarakat muda Indonesia untuk lebih berekspresi di media sosial, tetapi juga tetap berhati-hati dengan ucapan yang disampaikan.

"Media sosial itu dipantau oleh banyak orang dan apa pun yang kita ketik pasti tidak hanya akan dilihat oleh satu atau dua orang. Jadi sebelum menulis atau berkomentar di platform digital, kita harus memikirkannya terlebih dahulu dan lebih bijak dalam menulis komentar," ujar idol group JKT48.

Perilisan lagu tersebut menjadi momentum yang tepat sebagai respons atas predikat Indonesia yang menjadi negara dengan tingkat kesopanan digital terburuk se-Asia Pasifik pada 2020 berdasarkan Indeks Kesopanan Digital (DCI) yang diselenggarakan oleh Microsoft. Dari 32 negara yang disurvei, Indonesia berada di peringkat 29 alias peringkat terakhir di antara negara Asia Pasifik.

"Tingkat kesopanan digital yang rendah ini menjadi salah satu tantangan bagi perkembangan literasi digital di Indonesia. Karenanya, mari kita lebih berani menyuarakan pendapat dengan lebih bijak tanpa menyakiti perasaan orang lain atau menyebarkan informasi yang salah," ajak Rizki Ameliah, Koordinator Literasi Digital Kemenkominfo.

Sebagai tips tambahan untuk meningkatkan kesopanan di dunia digital, Laleilmanino mengungkapkan cara paling mudah untuk berkomunikasi digital dengan baik yaitu dengan membayangkan hal yang kalian sampaikan atau lakukan akan menyakiti hati orang lain atau tidak.

Berbeda dari sarana literasi digital lain, Laleilmanino dan JKT48 memilih menggunakan medium lagu untuk menyampaikan pesannya. Hal ini karena Gen Z merupakan generasi yang sangat up-to-date dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesenian seperti musik. Dikemas dengan aransemen musik yang upbeat dan penuh nada-nada riang serta lirik reff yang catchy seperti, "Hati-hati bicara, awas ada hati yang terluka, kalimatmu bermakna," lagu Berani Bersuara <3<3 bertujuan membawa pesan agar bibir dan jari kita digunakan untuk hal-hal positif dan baik.

Kombinasi dance yang bersemangat dan suara yang khas dari JKT48 diharapkan dapat lebih mengena di hati masyarakat muda Indonesia. "Melalui musik dan dance, kami ingin bisa menyentuh hati masyarakat, khususnya generasi muda Indonesia," ujar idol group JKT48.

Agar pesannya lebih efektif, dukungan masyarakat muda Indonesia diperlukan untuk menyebarkan pesan dari lagu Berani Bersuara <3<3. "Suara kalian berarti sekali. Teruskan suara itu dengan hal yang baik. Gunakan kata-kata yang tepat dan jadilah cahaya bagi orang di luar sana," tambah Nino dari Laleilmanino.

Kementerian Komunikasi dan Informatika Indonesia (Kemenkominfo) dan Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi bersama dengan Laleilmanino dan JKT48 mengajak masyarakat muda di Indonesia, khususnya generasi Z (Gen Z), untuk tahu lebih dalam mengenai keseruan dan kesan ketika memproduksi lagu Berani Bersuara <3<3 melalui Instagram Live di pada 24 Juni 2022. Saksikan video musik Berani Bersuara <3<3 di YouTube Siberkreasi. (RO/OL-14)

Baca Juga

AFP/Angela Weiss

Aktris Anne Heche Meninggal Dunia Setelah Koma Sepekan

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 23:55 WIB
Heche beberapa waktu lalu koma dan dalam kondisi kritis di rumah sakit, terhubung dengan mesin...
ANTARA

Film 12 Cerita Anggara Merangkum Segala Spektrum Emosi

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 13 Agustus 2022, 20:58 WIB
“Lagi-lagi film saya bertemakan remaja, tapi kali ini bukan hanya cinta-cintaan saja tapi penuh makna. Kalau sebelumnya banyak...
Dok. Pemprov Jateng

Konser Musik Rapsodia Nusantara Digelar Peringati HUT RI dan HUT Jateng

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 12 Agustus 2022, 20:02 WIB
Pagelaran musik yang disajikan dalam format orkestra itu menampilkan kolaborasi komposer terkemuka Dwiki Dharmawan bersama World Peace...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya