Minggu 03 Juli 2022, 20:33 WIB

Menparekraf Ikut Tradisi Potong Rambut Gimbal di Dieng

mediaindonesia.com | Nusantara
Menparekraf Ikut Tradisi Potong Rambut Gimbal di Dieng

Antara
Menparekraf Sandiaga Uno memotong rambut gimbal seorang peserta di Dieng, Jawa Tengah.

 

MENTERI Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno didaulat mengawali pemotongan rambut gimbal kepada peserta ritual ruwat rambul gimbal di kawasan Dieng, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah.

Dengan menggunakan gunting yang disediakan panitia, Sandiaga mengawali memotong satu per satu dari tiga peserta ruwat rambut gimbal. Acara tersebut berlangsung di pinggir Telaga Cebong, Desa Sembungan, Kecamatan Kejajar.

Potongan rambut gimbal kemudian diambil panitia dan dilarung di Telaga Cebong. Menurut Sandiaga, selain memiliki pemandangan yang indah, Desa Wisata Sembungan juga melestarikan tradisi pemotongan rambut gimbal.

Baca juga: Liburan Sekolah, Kawasan Wisata Dieng Dipadati Pengunjung

"Ini suatu kolaborasi wisata alam budaya yang sangat fantastis," katanya, Minggu (3/7).

Telaga Cebong merupakan salah satu destinasi unggulan Desa Sembungan. Terdapat ekotourism yang dilengkapi dengan destinasi wisata budaya, yaitu memotong rambut gimbal.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Wonosobo Agus Wibowo menjelaskna ruwat rambut gimbal sudah melekat sejumlah desa wilayah Dieng.

"Pada momentum ini, ketika ada Menparekraf, supaya tahu bahwa Wonosobo ini keunggulannya tidak hanya alam, tetapi juga budaya maupun seni," tutur Agus.

Baca juga: Sandiaga : Usulan Visa Digital Nomad Masuk Tahap Finalisasi

Cukur rambut gimbal disebut sebagai warisan budaya tak benda Wonosobo yang sudah ditetapkan pada 2016. Adapun cukur rambut gimbal memiliki beberapa versi. Misalnya di Desa Sembungan, sudah ada akulturasi budaya dari agama Islam.

"Dalam ruwat rambut gimbal di sini ada sholawatan. Tidak pakai sesaji dan tidak ada kemenyan," ucap Agus.

Melalui tradisi ruwat rambut gimbal, peserta yang akan dipotong rambutnya, harus dipenuhi permintaannya. Jika tidak dituruti, rambut gimbal akan tumbuh lagi.(Ant/OL-11)
  

Baca Juga

Dok. BPIP

Gelar Silatda, BPIP Puji Kerukunan di Sumatra Barat

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 09:34 WIB
"Provinsi Sumatra Barat memiliki karakteristik kewilayahan yangvstrategis, memiliki potensi dalam sektor kelautan, perikanan,...
Ist

Komitmen Hasnur Group Menjalankan Bisnis Berkelanjutan 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 20 Agustus 2022, 05:30 WIB
Presiden Direktur Hasnur Group Jayanti Sari, Hasnur Group merespons tuntutan global agar dapat menjaga kenaikan suhu bumi tidak...
DOK MI

Ratusan Titik Panas Bertebaran di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 19 Agustus 2022, 23:52 WIB
RATUSAN titik panas atau hotspot yang diduga dari kebakaran hutan dan lahan (karhutla) terpantau satelit di Bangka Belitung (Babel), Jumat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya