Kamis 19 Mei 2022, 18:58 WIB

44,3% Kasus HIV Di Sulteng Terdapat Di Kota Palu

M Taufan SP Bustan | Nusantara
44,3% Kasus HIV Di Sulteng Terdapat Di Kota Palu

Ilustrasi
Ilustrasi

 

DINAS Kesehatan (Dinkes) Sulawesi Tengah, merilis jumlah kasus komulatif Human Immunodeficiency Virus (HIV) mulai 2020 hingga 2021 telah mencapai 2.519 kasus dan Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS) 1.055 kasus.

Asisten Administrasi Umum, Hukum dan Organisasi Pemprov Sulteng, H Mulyono mengatakan, Kota Palu menjadi wilayah terkosentrasi dalam upaya penanggulangan HIV dengan sebaran kasus HIV 1.117 atau 44,3 persen dari total kasus yang ada di Sulteng. "Dan 90 persen kasus penularan HIV itu terjadi akibat hubungan seksual bebas," terangnya dalam siaran pers yang diterima Media Indonesia di Palu, Kamis (19/5).  

Mulyono menyebutkan, pentingnya komitmen dan sinergitas semua pihak termasuk masyarakat demi memutus mata rantai penyebaran kasus HIV/AIDS di Sulteng. Gerakan Three Zero, lanjutnya, perlu dioptimalkan untuk menghentikan penyebarannya.  

Gerakan ini mencakup pada upaya menurunkan hingga meniadakan infeksi HIV baru dan menurunkan hingga meniadakan kematian akibat AIDS. "Yang terpenting lagi meniadakan diskriminasi terhadap orang dengan HIV/AIDS," tegasnya Mulyono.  

Karena itu, sejalan dengan instruksi Gubernur Sulteng, Rusdy Mastura berharap semua pihak menyatukan langkah bersama-sama dan bergandengan tangan agar lebih kuat memerangi HIV/AIDS. "Demi menuju Sulawesi Tengah yang sehat dan bebas HIV/AIDS," tandas Mulyono. (OL-15)

Baca Juga

ANTARA/Hendra Nurdiyansyah

Polda DIY Tetapkan Dua Tersangka Kasus Kerusuhan Babarsari

👤mediaindonesia,com 🕔Rabu 06 Juli 2022, 23:10 WIB
Di lokasi kejadian, di Jambusari pada Sabtu (2/7), kata Ade, dua tersangka itu melakukan kekerasan yang mengakibatkan tiga orang...
ANTARA/Basri Marzuki

Pedagang di Kota Palu Tolak Hewan Ternak dari Luar Sulawesi

👤M Taufan S Bustan 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:40 WIB
Ketersedian stok di Kota Palu diakui pedagang masih mencukupi untuk kebutuhan konsumsi dan kebutuhan kurban pada Idul Adha...
MI/Adi Kristiadi

Pengendara Moge Penabrak Anak Kembar hingga Tewas di Ciamis Divonis 4 Bulan

👤Adi Kristiadi 🕔Rabu 06 Juli 2022, 22:35 WIB
MAJELIS hakim Pengadilan Negeri (PN) Ciamis menjatuhkan vonis dua terdakwa pengendara motor gede (Harley Davidson) yang menabrak dua anak...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya