Rabu 30 Maret 2022, 16:52 WIB

Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman Tiba di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman Tiba di NTT

MI/Palce Amalo
Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi (tengah) meresmikan sarana cuci tangan nuvo di Pantai Wisata Lasiana, Kupang, Rabu (30/3/2021)

 

KAMPANYE dengan tagline 'Indonesia Bergerak Lawan Kuman' mulai bergerak ke Indonesia timur. Kampanye ini digelar Wings Group melalui Nuvo bersama Unicef bertujuan mendukung pemerintah untuk mempercepat pengadaan akses air, sanitasi, dan sarana penunjang kebersihan di berbagai daerah di Indonesia.

Saat ini, kampanye Indonesia Bergerak Lawan Kuman digelar di 150 titik di tiga provinsi yakni Nusa Tenggara Timur (NTT), Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pada Rabu (30/3), Nuvo meresmikan salah satu sarana cuci tangan Novo yang ditempatkan di lokasi wisata Pantai Lasiana di Kelurahan Lasiana, Kota Kupang.

Peresmian sarana ini dilakukan bersama oleh Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi, Head of Public Relations Wings Group Indonesia, Gabriella da Silva, dan Kepala Perwakilan Unicef, NTT-NTB Yudhistira Yewangoe.

Menurut Gabriella, Nuvo mendorong pentingnya pola hidup bersih dan sehat di masyarakat terutama anak-anak, namun akses kepada fasilitas dasar tersebut masih minim. Di Indonesia, sebanyak 84% atau sekitar 44 juta anak di antaranya belum memiliki akses ke kombinasi fasilitas dasar air, sanitasi dan kebersihan.

baca juga: Wapres Akui Kenaikan Cakupan Akses Air Bersih dan Sanitasi Layak tidak Signifikan

Persoalan air bersih dan sanitasi sudah menjadi pemandangan biasa di desa-desa di NTT. Untuk itu, tambah Gabriella, Novo berkolaborasi dengan pemerintah, lembaga swadaya masyarakat, dan swasta untuk bersama-sama mengatasi persoalan ini.

"Kita mulai dari anak-anak, mengajarkan mereka cuci tangan pake sabun sekaligus menjawab program pemerintah mempercepat sanitasi di Indonesia timur dan menuntaskan angka stunting," kata Gabriella kepada wartawan seusai  kegiatan peresmian sarana cuci tangan Nuvo, yang juga dihadiri oleh  Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif NTT, Zony Libing.

Wakil Gubernur NTT Josef Nae Soi menyambut gembira pembangunan sarana tersebut karena bisa dimanfaatkan oleh pengunjung lokasi wisata termasuk wisatawan asing. Semua orang menginginkan hidup bersih dan sehat yang menurut Josef, merupakan dimensi realita. "Tetapi realitasnya  di NTT masih banyak kekurangan mulai dari penyediaan air bersih dan sanitasi," jelasnya.

Di tengah keterbatasan tersebut, menurut Josef, datang Wings Grup melalui Novo untuk membantu pemerintah daerah merintis sarana cuci
tangan di lokasi wisata. "Ini sangat baik karena turut membangun NTT dari sudut kebersihan dan sanitasi," ujarnya.

Dia berharap pihak lainnya mengikuti jejak yang sudah dilakukan Nuvo tersebut untuk berkontribusi dalam memajukan NTT dengan pola hidup
sehat. (N-1)

 

Baca Juga

MI/Apul Iskandar

Warga Pematangsiantar Keberatan Penagihan PBB Kedaluwarsa

👤Apul Iskandar 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:57 WIB
Padahal menurutnya perda tersebut mengatur PBB yang sudah lebih dari 5 tahun tidak dapat lagi ditagih karena sudah kedaluwarsa apalagi...
MGN/Bambang Yulianto

3 Hektare Padi Siap Panen Rusak Terserang Hama Wereng

👤Bambang Yulianto (MGN), Yuchri Prabudi (SB) 🕔Senin 04 Juli 2022, 13:49 WIB
SELUAS tiga hektare tanaman padi di Desa Kedungrejo, Kecamatan Sumberejo, Kabupaten Bojonegoro, Jawa Timur, yang siap panen rusak terserang...
Antara

Hewan Ternak Sembuh dari PMK di NTB Capai 28 Ribu Ekor

👤Mediaindonesia.com 🕔Senin 04 Juli 2022, 11:30 WIB
Angka kesembuhan hewan ternak dari serangan penyakit mulut dan kuku (PMK) di Nusa Tenggara Barat (NTB) meningkat hingga mencapai 28.132...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya