Rabu 09 Maret 2022, 18:50 WIB

Dukung Petani Melon di Magetan, Ibas Beri Bantuan Alat Mesin Pertanian 

mediaindonesia.com | Nusantara
Dukung Petani Melon di Magetan, Ibas Beri Bantuan Alat Mesin Pertanian 

Ist
Edhie Baskoro Yudhoyono membari empat traktor roda, hand traktor, dan hand sprayer untuk petani tani melon di Desa Klagen, Magetan, Jatim.

 

KETUA Fraksi Partai Demokrat DPR RI Edhie Baskoro Yudhoyono semakin menunjukkan komitmennya untuk mendorong kemajuan dan kemakmuran sektor pertanian Indonesia. 

Hal tersebut dibuktikan dengan penyerahan alat mesin pertanian (alsintan) terdiri dari empat traktor roda, hand traktor, dan hand sprayer untuk kelompok tani kebun melon di Desa Klagen, Magetan, Jawa Timur, pada Selasa (8/3).

Selain memberikan bantuan alsintan, pria yang kerab disapa Ibas ini juga menyempatkan waktu untuk ngobrol langsung dengan para petani di salah satu saung. 

“Ini berarti banyak yang beralih, ya? Dari yang dulunya petani padi sekarang jadi pekebun melon, begitu?” tanya Ibas dalam keterangan pers, Rabu (9/3). 

“Iya leres, Pak. Walaupun dari segi proses dan harga, lebih sulit dan lebih mahal, tetapi masa panennya lebih cepat sekitar dua bulan. Selain itu, harga jualnya juga lebih menguntungkan. Apalagi ini selain pekebun rakyat ada juga pengembangan tanah kas desa melalui BUMDES, sehingga pemasukan untuk desa juga lebih meningkat,” jawab Subandi, salah satu pemilik kebun melon. 

“Wah, bagus itu! Berarti alih fungsi lahannya benar-benar bermanfaat ya. Saya dukung! Apalagi di sini suasananya sejuk, lingkungannya memang sesuai untuk bertani dan berkebun. Nantinya bisa dijadikan ciri khas juga, Desa klagen di Magetan punya buah melon dan wisata kebun melonnya juga,” kata Ibas lagi. 

“Ngendi buah melon khas Desa Klagennya? Tak cicipi sek,” lanjutnya sambil mengambil satu potong buah melon. “Wuaaah, enak ini! Maniisss, legi tenan lur! Ndak kalah dengan melon impor. Karena tadi pupuknya juga pakai pupuk organik, kualitasnya jadi bagus. Saya mau ambil lagi, buat sedherek sedoyo ya?, coba dirasain ini, monggo…” imbuhnya. 

Dalam perbincangannya bersama para pekebun, Edhie Baskoro anggota DPR Fraksi Partai Demokrat dapil Jatim VII juga menitip pesan agar kebun melon di Desa Klagen tetap mengutamakan kebersamaan dan kesejahteraan masyarakat sekitar. 

“Pesan saya, nanti kalau sudah panen jangan lupa memberikan program CSR (corporate social responsibility), bisa ada sebagian yang dibagikan kepada masyarakat sekitar, ke petugas keamanan, selain juga tentu untuk dijual ke pasar-pasar lokal. Wong, yang di Pasar Induk Jakarta saja bisa merasakan hasil panennya, Mosok yang disini ndak kebagian ya,” tambah Ibas.

“Pengelolaannya juga sudah bagus, dikelola bersama sebagai program pemberdayaan. Tadi katanya satu hari ada 60 orang yang berkebun, ya? Pemberdayaan ini juga merupakan lapangan kerja. Yang terpenting harus tetap semangat dan telaten, jangan lupa berkordinasi dengan Dinas Pertanian agar terus dibantu sehingga hasilnya lebih maksimal,” jelas Ibas.

Usai berbincang, tak lupa Ibas turun langsung ke kebun bersama beberapa petani untuk ikut melakukan penyemprotan vitamin anti hama pada tanaman melon. “Ayo kita semproti kebunnya agar tidak dimakan ulet ya”, kata Ibas.

Subandi pun mengucapkan terima kasih atas segala perhatian yang sudah diberikan Ibas. “Oh iya, Mas, terkait bantuan traktor yang mas berikan, kami benar-benar berterima kasih. Dulu sebelum pakai traktor kami garap manual, per lima hektare bisa habis Rp 60 juta. Sekarang sudah ada traktor bisa sangat menekan biaya, menghemat tenaga, dan waktunya pun jadi lebih efisien”, tutur Subandi.

Sementara itu, Katini, salah satu petani yang datang juga menyampaikan rasa bahagianya atas pemberian alsintan oleh Ibas. 

“Matur nuwun Mas Edhie Baskoro, semoga dengan adanya bantuan ini panen kita jadi semakin katah (banyak). Di sini kalau panen melimpah biasanya kami diajak jalan-jalan sama Pak Subandi," jelasnya.

"Jadi semoga panen semakin lancar, biar kita bisa liburan lagi. Semoga cita-cita Mas EBY juga dikabulkan oleh Allah SWT ya, sehat sukses selalu, Amin”, kata Katini. (RO/OL-09)

Baca Juga

MI/KRISTIASI

Tasikmalaya Lepas Keberangkatan 60 Jemaah Calon Haji

👤Kristiadi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:20 WIB
Para calhaj berasal dari Kota Tasikmalaya semula akan diberangkatkan dalam satu...
ANTARA/Muhammad Adimaja

KPK Kembangkan Kasus Korupsi yang Menjerat Haryadi Suyuti

👤Ardi Teristi Hardi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 20:00 WIB
KPK juga masih mengembangkan adanya dugaan tindak pidana yang...
ANTARA FOTO/Maulana S

Ganjar Minta Desa Bentuk Bolo Ternak untuk Tanggulangi PMK

👤Widjajadi 🕔Kamis 30 Juni 2022, 19:51 WIB
Dengan konsep bolo ternak atau jogo ternak di tingkat desa di masa wabah PMK, akan membuat pertolongan dan penyehatan hewan ternak sapi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya