Sabtu 12 Februari 2022, 19:18 WIB

PVMBG: Kondisi Gunung Tangkuban Parahu Normal

Depi Gunawan | Nusantara
PVMBG: Kondisi Gunung Tangkuban Parahu Normal

MI/Depi Gunawan
Kawasan wisata Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat.

 

KONDISI kawah Gunung Tangkuban Parahu, Jawa Barat dipastikan masih normal meski sempat mengeluarkan asap solfatara dari Kawah Ratu pada Sabtu (12/2) siang.

Kepala Subbidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Barat pada Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Nia Haerani menjelaskan, asap solfatara di Tangkuban Parahu merupakan hal wajar. "Kejadian itu adalah hal yang wajar terjadi pada gunung api aktif. Itu hanya semburan gas dari kawah saja," ungkap Nia saat dihubungi.

Nia juga menyatakan, status aktivitas Gunung Tangkuban Parahu masih Normal (Level 1). Namun demikian, pihaknya mengimbau, wisatawan maupun pedagang tidak mendekati kawah aktif. "Kita evaluasi, meski status normal tapi kami rekomendasikan kepada masyarakat agar tidak beraktivitas di dekat kawah," ujarnya.

Sebelumnya, Gunung Tangkuban Parahu yang berada di perbatasan Lembang, Kabupaten Bandung Barat dan Kabupaten Subang menghembuskan asap pekat sekitar pukul 12.00 WIB. Kondisi itu menyebabkan warga yang tinggal di Lembang dan sebagian Subang, terutama yang berdekatan dengan Tangkuban Parahu menjadi resah.

Bahkan, keluarnya asap dari Kawah Ratu membuat sebagian pedagang panik dan memilih pulang. Video dan foto yang menunjukkan hembusan asap yang keluar dari Kawah Ratu viral di media sosial hingga sempat menimbulkan keresahan masyarakat status Gunung Tangkuban Parahu. (OL-15)

 

Baca Juga

 MI/AMIRUDDIN ABDULLAH REUBEE

Imunisasi Polio Tahap II di Pidie Dimulai 30 Januari

👤Amiruddin A.R 🕔Kamis 02 Februari 2023, 09:05 WIB
PEMERINTAH Kabupaten Pidie, Provinsi Aceh, semakin gencar melakukan imunisasi polio terhadap anak-anak di seluruh kawasan...
dok.Ist

PAPDESI Gelar Musyawarah Daerah di Kabupaten Karawang

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 08:30 WIB
PERKUMPULAN Aparatur Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (PAPDESI) menggelar kegiatan Musyawarah Daerah bersama ratusan kepala daerah di...
MI/HO

Tanggani Inflasi, Pemkab Mubar Bakal Gelar Pasar Murah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 02 Februari 2023, 07:55 WIB
PEMKAB Muna Barat (Mubar), Sulawesi Tenggara terus melakukan terobosan dalam penanganan inflasi daerah di awal 2023. Salah satunya ialah...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya