Sabtu 22 Januari 2022, 08:25 WIB

Harga Minyak Goreng di Aceh masih Mahal

Amiruddin Abdullah Reubee | Nusantara
Harga Minyak Goreng di Aceh masih Mahal

MI/Amiruddin Abdullah Reubee
Ibtisam Lutfia, 12, memperlihatkan minyak goreng curah harga mahal yang baru dibelinya di Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, Aceh.

 

HARGA minyak goreng di kawasan Provinsi Aceh dalam dua bulan terakhir terus melambung. Hal ini telah mengusik hati para pemilik warung dan penjual jajanan di wilayah paling barat Indonesia itu.

Dari pengamatan Media Indonesia, Kamis (20/1) misalnya, harga minyak goreng curah dari sebelumnya Rp16.000 per kg, sekarang naik menjadi Rp20.000 per kg. Lalu minyak goreng kemasan kualitas sedang dari sebelumnya Rp18.000 per kemasan (ukuran 0,8 kg), kini menjadi Rp20.000. Kemudian minyak goreng kemasan kwalitas bagus dari Rp20.000 per kemasan
(ukuran 0,8) kg, sekarang menjadi Rp 23.000 hingga 25.000 per kemasan.

Bertahannya harga pada level tinggi itu bukan saja di Banda Aceh, tapi juga di berbagai kabupaten/kota. Misalnya di Kabupaten Pidie, Bireuen, Aceh Utara, Aceh Besar, Aceh Tengah, dan Kota Lhokseumawe.

Bahkan lebih parah lagi di kawasan Pedalaman Aceh Tenggara, Gayo Lues, Kepulauan Simeulu, dan Pulo Aceh. Di lokasi terpencil dan pulau terluar tersebut harga minyak goreng curah naik sampai menjadi Rp24.000 pe kg.

Arif, penjual gorengan jajanan di Garot, Kecamatan Indrajaya, Kabupaten Pidie, mengatakan akibat kenaikan harga minyak goreng yang luar biasa itu telah menurunkan atau mengurangi keuntungan mereka.

"Sekarang modal semakjn besar, sedangkan keuntungan berkurang. Itu karena harga minyak goreng yang mahal terus," tutur Arif. (MR/OL-10)

Baca Juga

Dok. Agriensia Raya

Oleh-Oleh Kekinian Asli Medan Ini Buka Gerai Kedua, Beri Kejutan Bagi Penumpang Pesawat

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 23:08 WIB
Bolu Stim Menara merupakan makanan kekinian asli Medan yang mampu menjadikan bahan baku asli Medan seperti pandan, markisa, srikaya, jeruk...
DOK Telkomsel.

Kartu Telekomunikasi yang Dipakai Surfer WSL di Banyuwangi

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:20 WIB
Lokasi WSL tepat berada di kelengkungan bumi sehingga tim network memasang dua combat yakni Plengkung dan...
MI/Benny Bastiandy

Pemandian Air Panas Alami di Pasar Cipanas Jadi Daya Tarik Wisata

👤Benny Bastiandy 🕔Jumat 27 Mei 2022, 22:06 WIB
PASAR Cipanas Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, memiliki potensi sumber air panas alami. Saat ini potensinya sudah ditata sedemikian rupa...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya