Rabu 19 Januari 2022, 19:56 WIB

Banjir Rusak Infrastruktur Jaringan Air, Warga Ende Terancam Krisis Air Bersih

Gabriel Langga | Nusantara
Banjir Rusak Infrastruktur Jaringan Air, Warga Ende Terancam Krisis Air Bersih

Medcom
Ilustrasi

 

HUJAN yang melanda Kabupaten Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) membuat infrastruktur perpipaan air bersih rusak berat. Akibatnya ribuan warga yang ada di Kabupaten Ende terancam krisis air bersih.

Direktur PT. Tirta Kelimutu Yustinus Sani mengaku hujan deras yang terjadi Rabu (19/1) membuat 37 batang pipa jaringan air milik PDAM Ende terbawa banjir. Akibatnya sekitar empat ribuan lebih pelanggan terancam krisis air bersih.

Menurut dia, pipa yang hanyut terbawa banjir ini merupakan bantuan dari pemerintah Hungaria. Yang mana, pipa tersebut melayani pasokan kebutuhan air bersih bagi warga yang ada di Roworeke, Dolog, Boabawa, Arubara, Jalan Irian Jaya, sebagian Jalan Kelimutu, Jalan Pahlawan, Jalan Banteng, Jalan Sudirman, dan Jalan Garuda.

"Ada 37 batang pipa yang hanyut. Selain itu sarana pendukung lainnya yang juga ikut terbawa air. Itu pipa yang terbawa air itu harganya per batang Rp 9 juta belum ditambah aksesoris, pajak dan transportasi. Jaringan pipa yang rusak ini mengambil sumber air dari kali Wolowona yang akan di produksi di bak penampungan di KM.08. Jadi kami perkirakan ada 3 sampai 4 ribu pelanggan kami yang tidak bisa terlayani untuk sementara waktu," ungkapnya.

Dia pun mengaku kerugiaan pipa ini  akibat banjir ini diperkirakan mencapai Rp500 juta Untuk itu kata dia, nantinya pemenuhan air bersih untuk wilayah Roworeke dan sekitarnya akan dilayani dengan mobil tangki. Sementara untuk wilayah perkotaan, pihaknya akan menempuh skema dari jadwal pelayanan dua hari sekali menjadi 5 atau 6 hari sekali.

"Jadi dari yang biasanya air keluar dua hari sekali, akan menjadi 5 atau 6 hari sekali airnya baru keluar sampai perbaikan selesai dilakukan," jelas Sani.

Ia mengaku tidak bisa memastikan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk perbaikan, mengingat kerusakannya cukup serius serta membutuhkan dana kurang lebih Rp500 juta. (OL-15)

Baca Juga

dok.Ist

Jawara Sumedang Dukung Sandiaga Jadi Presiden

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 23:28 WIB
PARA relawan Jaringan Wanita Nusantara (Jawara) Sandi Uno memberikan pelatihan budidaya tambak ikan di Waduk Jatigede, Desa Tarjunajaya...
Dok. PT SIS

Maksimalkan Potensi Bahari, Suzuki Marine Resmikan DIler Baru di Makassar

👤Ihfa Firdausya 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:37 WIB
“Sulawesi Selatan adalah salah satu daerah yang memiliki potensi bahari yang besar. Untuk memaksimalkan potensi tersebut, kami hadir...
Ist

Cegah PMK di Lampung, Apkasi Usulkan Stop Pasokan Sapi dari Luar Daerah

👤mediaindonesia.com 🕔Kamis 26 Mei 2022, 22:10 WIB
Ketua Umum Apkasi Sutan Riska Tuanku Kerajaan bersama para Bupati se-Provinsi Lampung sepakat bahwa penanganan virus PMK pada ternak ini...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya