Senin 17 Januari 2022, 21:15 WIB

Pegawai Pemprov Sumut akan Diwajibkan Apel Dua Kali Sehari

Yoseph Pencawan | Nusantara
 Pegawai Pemprov Sumut akan Diwajibkan Apel Dua Kali Sehari

MI/Dwi Apriani
ASN

 

GUBERNUR Edy Rahmayadi akan mewajibkan pegawai di lingkungan Pemprov Sumut untuk mengikuti apel di satuannya masing-masing dua kali dalam sehari.

Hal itu dikemukakan Edy Rahmayadi saat memimpin Apel Hari Kesadaran Nasional, Senin (17/1). Awalnya dia mengatakan, Pemprov Sumut berhasil meraih berbagai capaian prestasi pada 2021.

Mulai dari opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk yang kedelapan kalinya, serta mengoptimalkan aplikasi Sistem Informasi Pembangunan Daerah (SIPD). Pemprov Sumut juga berhasil meningkatkan Sistem Merit dengan penilaian kategori B. Kemudian penilaian Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan nilai B, monitoring center for prevention (MCP) nilai 49,8 dan Stranas PK mencapai 65,5%.

Kendati demikian, untuk mempertahankan dan meningkatkan capaian itu, Edy Rahmayadi menilai masih perlu dilakukan berbagai hal. Salah satunya adalah menerapkan budaya kerja yang inovatif, kreatif, inspiratif dan berbudaya.

Dan terkait dengan hal tersebut, mantan Pangkostrad itu menginstruksikan seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemprov Sumut untuk melaksanakan kegiatan apel dua kali sehari. Apel dilaksanakan pada pagi dan sore di masing-masing OPD dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. "(Apel) ini bertujuan agar seluruh aparatur sipil negara, khususnya di lingkungan Pemprov Sumut, dapat memiliki sikap disiplin," ujarnya.

Selain apel setiap hari, Gubernur juga menginstruksikan jajarannya mengoptimalkan dua sistem pemerintah yang dimiliki. Yakni Sistem Percepatan Pengamanan Aset Daerah (SIMBADA) serta Sistem Informasi Penatausahaan, Keamanan dan Pemeliharaan Aset Sumut (SI ANAK DARA).

Dia juga mengatakan akan segera mengimplementasikan Perda tentang Penataan Kelembagaan, Peraturan Gubernur (Pergub) Struktur Organisasi Tata Laksana (SOTK), serta membentuk perangkat daerah baru dan penyederhanaan birokrasi. (YP/OL-10)
 

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Cianjur Klaim Nihil Kasus Baru Covid-19

👤Benny Bastiandy 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:24 WIB
KASUS covid-19 maupun variannya di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, hingga saat ini masih cukup...
MI/ HO

Ukrida Gandeng Pemda Mahakam Ulu Gelar Seleksi Beasiswa UBN

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:23 WIB
Sejak 2021, Ukrida meluncurkan program beasiswa Ukrida Bagimu Negeri (UBN) bagi mahasiswa berprestasi...
DOK MI

Kasus Covid-19 di Kota Semarang Naik 100 persen

👤Akhmad Safuan 🕔Minggu 26 Juni 2022, 17:08 WIB
KASUS covid-19 di Kota Semarang, Jawa Tengah meningkat...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya