Kamis 13 Januari 2022, 05:55 WIB

Ganjar Rehabilitasi Rumah Warga, Bantu Pasien Stroke

mediaindonesia.com | Nusantara
Ganjar Rehabilitasi Rumah Warga, Bantu Pasien Stroke

dok.humas
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengecek empat rumah warga penerima rumah sehat layak huni dan listrik murah di Kabupaten Banyumas, Rab

 

GUBERNUR Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendatangi empat rumah warga penerima rumah sehat layak huni (RSLH) dan listrik murah di Kabupaten Banyumas dalam rangka mengentaskan kemiskinan ekstrem di Jateng. Dari empat rumah yang menerima bantuan, terdapat dua anggota keluarga yang menderita stroke.

Warga penderita stroke pertama merupakan anak dari Karsinah (80) yang tinggal di Desa Kebocoran, Kecamatan Kedungbanteng. Di usianya yang renta, Karsinah harus mengurus sang anak yang berbaring di tempat tidur.

Kemudian, kediaman kedua yang didatangi Ganjar adalah milik Caslani (58), Desa Gunung Lurah, Kecamatan Cilongok. Caslani sehari-hari juga menemani sang istri yang mengalami stroke.

"Kita memastikan hari ini mengecek RSLH dan listrik murah di Banyumas, memang dalam catatan kita betul-betul masuk kategori (kemiskinan) ekstrem. Dilalah (kebetulan) itu ya ternyata di dua rumah ini keluarganya ada yang stroke," kata Ganjar, Rabu (12/1/2022).

"Ini langsung mau kirim besok, untuk membantu kesehatan mereka kita kirim dokter, ada juga kursi roda dari pak bupati langsung," bebernya.

Ganjar juga mengajak para pimpinan daerah, BUMN, BUMD maupun masyarakat berperan aktif menangani kemiskinan ekstrem di wilayah masing-masing dengan cara bergotong royong. 

"Di tahun ini kita genjot program pengentasan kemiskinan ekstrem, nah pola kerjasama dengan keterlibatan BUMN, BUMD, Swasta, Baznas dan warga sekitar yang bergotong royong," ucapnya.

Selain RSLH, sejumlah program mulai dari pembangunan rumah layak huni hingga bantuan program listrik murah terus digencarkan.

Tercatat, ada lima kabupaten di Jateng yang masuk prioritas penanggulangan kemiskinan ekstrem yakni Kabupaten Banyumas, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Brebes, Kabupaten Pemalang, dan Kabupaten Kebumen. (Ant/OL-13)

Baca Juga

ANTARA

Polisi Ralat Korban Meninggal Dunia Akibat Kecelakaan Maut Balikpapan Jadi 4 Orang

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:35 WIB
diperoleh data korban hingga pukul 11.54 WIB tercatat empat orang meninggal dunia, satu orang kritis, empat luka berat, dan 17 luka...
Dok BPBD Balikpapan

Sopir Truk Diduga Langgar Jam Operasional

👤Yovanda Naraya 🕔Jumat 21 Januari 2022, 14:32 WIB
Kecelakaan yang terjadi di simpang Muara Rapak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur yang menewaskan 5 orang diduga karena kesalahan supir...
ANTARA/Bagus Rizaldi

Polisi Terima Pengaduan Majelis Adat Sunda soal Arteria Dahlan

👤Mediaindonesia.com 🕔Jumat 21 Januari 2022, 13:29 WIB
Kepala Bidang Humas Polda Jawa Barat, Komisaris Besar Polisi Ibrahiim Tompo, mengatakan, laporan yang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya