Jumat 10 Desember 2021, 17:07 WIB

Cuaca Buruk Masih Terjadi, Pesisir Kalsel Masih Dilanda Rob

Denny S | Nusantara
Cuaca Buruk Masih Terjadi, Pesisir Kalsel Masih Dilanda Rob

ANTARA/Bayu Pratama
Banjir yang terjadi di salah satu wilayah Banjarmasin, Kalsel, beberapa waktu lalu.

 

CUACA Cuaca buruk masih melanda wilayah daratan dan perairan di Kalimantan Selatan. Hampir sepekan gelombang pasang (rob) melanda sejumlah daerah di kawasan pesisir termasuk Kota Banjarmasin, ibukota Provinsi Kalsel.

Berdasarkan laporan Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan peringatan dini yang dikeluarkan BMKG Kalsel, cuaca buruk berupa hujan deras disertai petir dan angin berpotensi terjadi di hampir seluruh wilayah Kalsel. Sejak akhir November lalu, hujan deras yang turun meratamenyebabkan sungai-sungai besar meluap dan terjadi bencana banjir.

Di bagian hulu, banjir masih melanda Kabupaten Balangan dan Hulu Sungai Utara, sejak akhir November lalu. Sementara banjir di Hulu Sungai Tengah, Tabalong dan Hulu Sungai Selatan telah surut, kecuali beberapa daerah dataran rendah.

Di bagian hilir banjir rob merendami daerah seperti Kota Banjarmasin, Kabupaten Barito Kuala, sebagian Kabupaten Banjar, Tanah Bumbu, Kotabaru dan Tanah Laut. Selain akibat tingginya curah hujan dan turunnya luapan banjir dari bagian hulu, kondisi air pasang menyebabkan terjadinya rob.

"Gubernur telah menetapkan status tanggap darurat bencana banjir, tanah longsor, angin kencang dan gelombang pasang," ungkap Kepala BPBD Kalsel, Mujiyat, Jumat (10/12).

Terkait hal ini Gubernur telah menginstruksikan pemerintah kabupaten/kota di Kalsel untuk mengantisipasi ancaman bencana musim penghujan ini. Data akumulasi korban bencana banjir di Kalsel sejauh ini sebanyak 58.573 jiwa, Banjir merendam 17.561 rumah yang tersebar di 260 desa di 36 kecamatan pada lima kabupaten. Data ini belum termasuk jumlah warga terdampak gelombang pasang dan angin kencang.

Pantauan Media Indonesia, hampir sepekan bencana rob melanda sejumlah desa pesisir di Kalsel termasuk Kota Banjarmasin. Banjir akibat pengaruh air pasang terjadi pada malam hingga dini hari. Posisi Kota Banjarmasin sendiri berada minus 16 cm diatas permukaan laut. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Pemkab Gunungkidul Perketat Pengawasan Lalu Lintas Hewan Ternak

👤Ardi Teristi 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:38 WIB
PENGAWASAN lalu lintas hewan ternak di Kabupaten Gunungkidul, DiY diperketat. Hal ini dilakukan untuka mencegah masuknya penyakit mulut dan...
dok.ist

Dinilai Layak, Relawan Kalsel Dukung Ganjar Presiden 2024

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:14 WIB
KEBERHASILAN Ganjar Pranowo membawa Jawa Tengah lebih baik membuat ratusan orang di Kalimantan Selatan mendukungnya untuk menjadi Presiden...
Dok. Pribadi

Methodius Kossay Luncurkan Yayasan Harapan Generasi Papua, Fokus Bangun Karakter Pemuda Papua

👤Thomas Harming Suwarta 🕔Sabtu 28 Mei 2022, 23:11 WIB
"Fokus yayasan adalah membangun pribadi manusia terutama generasi Papua seutuhnya sebagai subjek perubahan melalui pengembangan...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya