Jumat 03 Desember 2021, 17:20 WIB

Pemkot Bandung Akan Tutup Sejumlah Ruas Jalan Selama Libur Nataru

Naviandri | Nusantara
Pemkot Bandung Akan Tutup Sejumlah Ruas Jalan Selama Libur Nataru

ANTARA
Kawasan Jalan Braga, Kota Bandung, Jawa Barat.

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung, Jawa Barat akan melakukan penutupan sejumlah ruas jalan untuk memgatasi mobilitas masyarakat terutama pada malam pergantian tahun selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru).  Kebijakan ini sesuai dengan dengan Instruksi Menteri Dalam Negeri (Inmendagri) Nomor 62 Tahun 2021.

Kepala Bidang Pengendalian dan Ketertiban Transportasi pada Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, Asep Kuswara menuturkan, panduan sesuai Inmendagri 62 tersebut transportasi umum juga diberlakukan sejumlah aturan penyesuaian. Berdasarkan Inmendagri untuk perjalanan transportasi umum salah satunya harus vaksin dua kali dan sudah antigen.

"Kondisi terkini di sejumlah terminal, stasiun kereta api dan bandara di Kota Bandung masih terpantau lenggang, jumlah penumpang di terminal sekitar 30 persen dan di bandara tidak ada penumpukan penumpang. Mudah-mudahan menjelang Nataru seperti ini orang enggan ke luar kota,"  kata Asep, Jumat (3/12)

Menurut Asep, selain menempatkan petugas di lokasi-lokasi penyekatan, petugas juga turut memantau sejumlah lokasi khususnya saat libur Nataru. Karena sudah pernah mengalami level 3 tinggal evaluasi saja. Ada beberpa kegiatan masyarakat yang dibatasi lagi. Antara lain tempat tertentu dan kegiatan yang tidak diperbolehkan.

Kepala Unit Pendidikan dan Rekayasa (Dikyasa) Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polrestabes Bandung, AKP Asep Kusmana menambahkan, pihaknya bersama Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Bandung, sudah menyiapkan skema penutupan sejumlah jalan saat malam tahun baru dengan dibantu jajarn dari Satpol PP juga TNI.

Penutupan jalan akan dilaksanakan di kawasan ring 1 dengan pola pengaturan waktu 18.00-05.00. Rencana penutupan jalan bakal dilakukan di 10 lokasi yaitu di Jalan Asia Afrika-Tamblong, Jalan Naripan-Tamblong, Jalan Braga-Naripan, Jalan Banceuy-Asia Afrika, Jalan Lembong-Tamblong. Kemudian sepanjang Jalan Merdeka, sepanjang Jalan Ir. H. Djuanda, Jalan Purnawarman, Jalan Dipatiukur, dan Alun-Alun  Timur.

"Sekalipun dilakukan penutupan jalan namun terdapat sejumlah pengecualian bagi masyarakat untuk melintas. Koordinasi juga akan dijalin bersama hotel dan pengelola pusat perbelanjaan yang masuk di dalam penyekatan," jelasnya.

Menurut Asep, pengecualian tersebut misalnya misalnya ada tamu akan masuk hotel, penduduk setempat, ambulans dan lainnya dan tentunya tinggal menyampaikan keperluannya kepada petugas yang menjaga di titik tersebut.

"Selain penutupan jalan kami juga menyiapkan skema rekayasa jalan, pengalihan arus akan dilaksanakan apabila di sejumlah lokasi yang disinyalir berpotensi lokasi berkumpulnya masyarakat terpantau sudah melebihi kapasitas maksimal," ucapnya.

Untuk pengaturan ganjil genap, Asep menyebutkan saat ini skema tersebut masih tetap dijalankan. Namun hanya diberlakukan saat akhir pekan saja. Lokasinya masih tetap di pintu keluar tol di Kota Bandung, yakni Tol Pasteur, Pasirkoja, Kopo, Moh. Toha dan Buahbatu. Serta satu penambahan di Terminal Ledeng.

"Saat malam pergantian tahun nanti rencananya akan ditambah ganjil genap ini yaitu di perbatasan Cibiru dan Cibeureum. Tapi belum pasti, nanti menunggu dulu keputusan hasil rapat pimpinan," tambahnya. (OL-15)

Baca Juga

DOK MI

Garda Pemuda NasDem Tebingtinggi Bersiap Hadapi Pemilu 2024

👤Yoseph Pencawan 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:32 WIB
MESKI Pemilu 2024 baru akan berlangsung sekitar dua tahun lagi, tetapi Garda Pemuda NasDem KotaTebingtinggi, Sumatera Utara, sudah memulai...
DOK MI

DPD NasDem Kota Bandung Buka Layanan Vaksinasi Covid-19 Dosis Booster

👤Naviandri 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:19 WIB
TINGGINYA angka penyebaran kasus Covid-19 di Jawa Barat (Jabar), khususnya di Kota Bandung, membuat DPD NasDem Kota Bandung ikut gencar...
MI/Kristiadi.

Seorang Kakek Diduga Cabuli Anak Usia Sembilan Tahun

👤Kristiadi 🕔Rabu 26 Januari 2022, 17:15 WIB
Atas kejadian itu tersangka dikenakan Pasal 76 D juncto Pasal 81 dan Pasal 76 E juncto Pasal 82 Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya