Rabu 03 November 2021, 17:27 WIB

Jalur Lembang-Cimahi Masih Terputus Akibat Tanah Longsor

Depi Gunawan | Nusantara
Jalur Lembang-Cimahi Masih Terputus Akibat Tanah Longsor

MI/Depi Gunawan
Petugas membersihkan material longsor di Jalan Kolonel Masturi, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Rabu (3/11).

 

PETUGAS gabungan hingga Rabu (3/11) siang masih melaksanakan penanganan pascalongsor di Jalan Kolonel Masturi, Kampung Keramat, Desa Cikahuripan, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat.

Sebelumnya, tebing setinggi 20 meter longsor pada Selasa (2/11) sekitar pukul 17.00 WIB sehingga mengakibatkan jalur Kolonel Masturi terputus akibat dipicu hujan deras sejak Selasa siang.

Agar jalur aman dilewati, satu unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk menyemprotkan sisa material longsor yang masih menggantung di tebing. Sementara kendaraan masih dialihkan menuju jalur alternatif agar tidak menghambat evakuasi material longsor.

"Untuk sementara jalan masih ditutup untuk proses evakuasi. Jalur dialihkan menuju Manoko," kata Kepala Pelaksana BPBD Bandung Barat, Duddy Prabowo di lokasi.

Duddy mengatakan pihaknya belum memastikan kapan jalan provinsi ini bisa kembali dilalui kendaraan karena di lokasi masih rawan longsor susulan. "Mudah-mudahan bisa dilewati hari ini. Tapi kita lihat hasil evakuasi karena masih rawan, tanahnya labil. Kalau sudah aman baru dibuka," ujar Duddy.

Beberapa titik retakan jalan yang berdekatan dengan longsoran telah dipasang tanda bahaya dan garis polisi untuk mencegah warga mendekat. Menyusul banyaknya bencana hidrometeorologi di wilayahnya, Pemkab Bandung Barat telah menaikkan status kebencanaan menjadi siaga darurat mulai 1 November sampai dengan 31 Mei 2022. "Musim hujan di rentang waktu itu, berdasarkan prediksi puncaknya akan terjadi di bulan Januari nanti," beber Duddy.

Duddy mengungkapkan, tak menutup kemungkinan status kebencanaan di Bandung Barat bisa dinaikkan ke tanggap darurat jika eskalasi kejadian bencana dalam rentang waktu tersebut mengalami peningkatan. Dengan adanya peningkatan bencana, pihaknya mengimbau masyarakat tetap waspada karena curah hujan di wilayah Bandung Barat dalam sepekan ke depan diprediksi akan relatif merata.

"Masyarakat tetap waspada, terutama ketika melakukan aktifitas di luar. Selalu waspada kemungkinan bahaya longsor, pohon tumbang yang dapat terjadi sewaktu-waktu," tambah Duddy. (OL-15)

Baca Juga

dok.Ant

Kekerasan Seksual pada Anak di Makassar Terjadi Lagi

👤Lina Herlina 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:52 WIB
KASUS kekerasan seksual terhadap anak masih terus terjadi di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. Kali ini seorang anak berjenis kelamin pria,...
dok @ridwankamil

Dua Pejabat Indramayu Segera Disidangkan Terkait Korupsi Alun-Alun Jatibarang

👤Nurul Hidayah 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:42 WIB
DUA pejabat Kabupaten Indramayu yang tersangkut kasus dugaan korupsi pembangunan ruang terbuka hijau (RTH) alun-alun di Kecamatan...
ANTARA FOTO/Irfan Anshori

Pacar Almarhumah Novia Widyasari Dipecat dari Kepolisian

👤Reporter: Sri Rusdiyanto/Penulis: MUHARDI 🕔Kamis 27 Januari 2022, 17:36 WIB
Tersangka kasus pemaksaan aborsi terhadap Novia Widyasari dipecat dari kesatuan Polri. Hasil sidang kode etik, Bripda Randy mendapat sanksi...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya