Jumat 24 September 2021, 18:01 WIB

Rekrutmen CPNS, Sumut Persoalkan Penerapan Tes CAT

Yoseph Pencawan | Nusantara
Rekrutmen CPNS, Sumut Persoalkan Penerapan Tes CAT

ANTARA
Ilustrasi tes CPNS.

 

SELEKSI Calon Pegawai Negeri Sipil yang menerapkan tes dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) dinilai merugikan peserta yang ingin menjadi PPPK Guru. Pj Sekretaris Daerah Provinsi Sumatera Utara Afifi Lubis mengatakan pihaknya telah menyampaikan usulan ke pemerintah pusat untuk mengkaji penerapan CAT dalam proses seleksi CPNS untuk PPPK Guru.

"Proses seleksi yang menggunakan Computer Assisted Test (CAT) BKN untuk PPPK Guru perlu dikaji kembali," ungkapnya, Jumat (24/9).

Menurut Afifi, di provinsinya banyak guru yang masih berstatus sebagai tenaga honor, terutama di daerah pelosok. mereka sudah begitu lama mengabdi sehingga patut mengikuti seleksi CPNS untuk status Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Guru. Namun banyak dari mereka terkendala pengetahuan teknologi sehingga tidak sedikit yang kesulitan mengikuti seleksi karena menerapkan sistem CAT.

"Ini perlu dipertimbangkan, guru honor yang tidak menguasai teknologi tentunya akan terkendala dengan sistem CAT. Namun jika dihitung dari lama pengabdian, mereka sudah layak mengikuti seleksi," tutur Afifi.

Sistem CAT sudah delapan tahun terakhir digunakan dalam seleksi CPNS. Sistem ini merupakan metode seleksi dengan alat bantu komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar.

Sebelum sistem itu diterapkan, seleksi CPNS kerap diwarnai dugaan kongkalikong dan kecurangan. Namun dengan sistem ini penilaian dapat dimonitor langsung oleh siapa saja, baik saat peserta masih mengerjakan soal maupun setelah selesai tes.

Lebih lanjut Afifi mengungkapkan, Pemprov Sumut juga sudah mengusulkan ke pusat soal dukungan anggaran terkait rekrutmen pegawai. Hal itu diusulkan karena pada tahun ini Pemprov Sumut tidak melakukan rekrutmen karena terkendala anggaran.

Jika rekrutmen dilakukan, maka APBD Sumut tidak berkemampuan menyediakan alokasi anggaran untuk pembayaran gaji. Karena itu Pemprov Sumut berharap dukungan anggaran pusat agar tidak membebani APBD. (OL-15)

Baca Juga

 MI/Rendy Ferdiansyah

Pertamina Siapkan BBM Berkualitas hingga ke Desa di Babel

👤Rendy Ferdiansyah 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 15:37 WIB
KETIMBANG membeli premium eceran seharga pertamax, lebih baik membeli pertamax di Pertashop milik...
MI/LILIK DARMAWAN

Asa Sejahtera Kampung Garam di Pesisir Laut Selatan

👤Lilik Darmawan 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 14:50 WIB
Potensi Laut Selatan mulai dimanfaatkan petani Kebumen setelah mendapat pembinaan dan pelatihan dari Kementerian Kelautan dan...
 ANTARA/Zabur Karuru

Korban Gempa Malang Tuntut Realisasi Bantuan Rumah

👤Bagus Suryo 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 14:50 WIB
Dampak gempa merusak 10.482 rumah di 32 kecamatan. Gempa susulan juga kembali mengguncang pada Jumat (21/5) malam, merusak 404...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Sukses PON Papua 2021 Pemerataan Pembinaan di Seluruh Pelosok Negeri

Sukses prestasi ditandai dengan tercipta banyak rekor meski penyelenggaraan multiajang olahraga terakbar Tanah Air itu digelar di masa pandemi covid-19.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya