Selasa 21 September 2021, 13:20 WIB

Pemkot Cirebon Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

Nurul Hidayah | Nusantara
Pemkot Cirebon Antisipasi Gelombang Ketiga Covid-19

MI/Adi Kristiadi
Pemkot Cirebon meningkatkan vaksinasi covid-19 untuk mengantisipasi gelombang ketiga pandemi Covid-19

 

PEMERINTAH Kota (Pemkot) Cirebon, Jawa Barat mengantisipasi ancaman penyebaran Covid-19 gelombang ketiga. Vaksinasi Covid-19 terus digencarkan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon, Agus Mulyadi, menjelaskan kasus Covid-19 di Kota Cirebon saat ini sudah melandai. “Tapi masih ada," tutur Agus, Selasa (21/9).

Kasus aktif Covid-19 saat ini masih 38 orang dan masih memiliki potensi untuk menyebar karena berada di tengah-tengah masyarakat. Karena itu, lanjut Agus, Pemkot Cirebon tidak menghentikan upaya testing, tracing dan treatment agar penyebaran Covid-19 tidak meluas.

Sekalipun melandai, Pemkot Cirebon tetap mewaspadai gelombang ketiga penyebaran Covid-19. Diprediksi gelombang ketiga penyebaran Covid-19 terjadi pada Desember mendatang seiring dengan adanya libur natal dan tahun baru.

"Karena memang ada korelasi sangat erat antara mobilitas masyarakat dengan peningkatan kasus," tutur Agus. Seperti terjadi pada gelombang kedua Covid-19 yang terjadi usai libur Idul Fitri.

Untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 gelombang ketiga, Pemkot Cirebon akan mematuhi instruksi yang dibuat oleh pemerintah pusat. "Pasti ada kebijakan lagi dari pemerintah. Kita akan patuhi," tegas  Agus.

Selain itu Pemkot Cirebon juga terus meningkatkan vaksinasi Covid-19. Dimana saat ini, cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon sudah mencapai 67 persen.  Ini berarti sedikit lagi kekebalan komunitas atau herd immunity tercipta di Kota Cirebon. "Untuk ketersediaan vaksin juga ada, tutur Agus.

Hanya saja, jelas dia, vaksin yang ada saat ini sasarannya sudah ditentukan. Misalnya, untuk vaksinasi Covid-19 kedua. Untuk itu, pihaknya bekerja sama dengan TNI/Polri dan komunitas lainnya untuk memperluas cakupan vaksinasi Covid-19 di Kota Cirebon. Jika vaksinnya mencukupi Agus yakin seluruh warga Kota Cirebon sudah  mendapatkan vaksin Covid-19 Desember 2021 mendatang. (OL-13)

Baca Juga: PT. Timah Tenggelamkan 1.920 Terumbu Karang Buatan di Babel

Baca Juga

MI/Dok Sahabat Ganjar

Rayakan Sumpah Pemuda, Sahabat Ganjar Sebar 3 Ribu Benih Ikan Nila di Sungai Serayu

👤Cahya Mulyana 🕔Kamis 28 Oktober 2021, 05:36 WIB
Penyebaran benih ikan nilai di Sungai Serayu itu juga dilakukan dalam rangka memperingati ulang tahun ke-53 Ganjar...
MUI/Depi Gunawan

Awas, Jalur Wisata Lembang Rawan Longsor

👤Depi Gunawan 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:37 WIB
BADAN Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat, Jawa Barat mengeluarkan peringatan bahaya cuaca ekstrem di kawasan Lembang,...
MI/Dwi Apriani

Pemkot Palembang Optimistis Capai 100 Persen Vaksinasi Pada Akhir Tahun

👤Dwi Apriani 🕔Rabu 27 Oktober 2021, 23:31 WIB
WAKIL Wali Kota Palembang Fitrianti Agustinda, Rabu (27/10) meninjau vaksinasi yang digagas Pramuka Palembang berkerja sama dengan Pemkot...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Menghadang Ganasnya Raksa

Indonesia masih menjadi sasaran empuk perdagangan ilegal merkuri, terutama dari Tiongkok dan Taiwan. Jangan sampai peristiwa Minamata pada 1956 di Jepang terjadi di sini.

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya