Kamis 05 Agustus 2021, 16:35 WIB

Mabes Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor

mediaindondonesia.com | Nusantara
Mabes Polri Gelar Vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor

Ist
Brigjen Pol Drs. Bayu Wisnumurti, M.Si (tengah) kunjungi kegiatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

 

GUNA mendukung program pemerintah dalam percepatan vaksinasi Covid-19, Badan Intelejen dan Keamanan (Baintelkam) Mabes Polri menggelar vaksinasi massal yang bekerja sama dengan Yayasan Muadz Bin Jabal di Kelurahan Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Kamis (5/8/2021).

Direktur Bidang Ekonomi Baintelkam Mabes Polri Brigjen Pol Drs. Bayu Wisnumurti, M.Si menuturkan bahwa kegiatan tersebut dalam rangka mendukung program pemerintah dalam vaksinasi massal untuk membentuk herd immunity bagi masyarakat.

"Program vaksinasi ini dilakukan agar masyarakat dapat tervaksinasi secara luas, sehingga pada akhirnya dapat terpenuhi Herd immunity itu," ujar Brigjen Pol Drs. Bayu Wisnumurti kepada awak media.

Brigjen Bayu menegaskan bahwa petugas medis dari Dokkes Mabes Polri menyiapkan sebanyak 500 dosis vaksin jenis Sinovac dengan jumlah tenaga medis 30 orang di lokasi tersebut. Kendati demikian, kata dia,  jumlah vaksinasi sendiri berbeda pada setiap lokasi tergantung dari kebutuhan di wilayah tersebut.

"Hari ini memang targetnya lima ratus karena masih ada beberapa tempat lainnya yang juga secara simultan bukan hanya di sini saja, masing-masing tempat berbeda tergantung dari pada kesiapan tempat dan sebagainya," imbuhnya.

Selain vaksinasi, Mabes Polri juga memberikan paket sembako kepada warga yang selesai menjalani vaksin. Hal tersebut merupakan bentuk empati jajaran Polri kepada masyarakat akan dampak ekonomi saat pandemik Covid-19.

"Pembagian sembako sebagai bentuk empati polri kepada masyarakat yang saat ini perlu dukungan. Terlebih di masa pandemi ini," pungkasnya.

Pada kesempatan itu, jenderal bintang satu itu juga meninjau langsung jalannya vaksinasi di area masjid dan sempat berdialog dengan peserta program vaksinasi.

Sementara itu, Wakil Ketua Yayasan Muadz Bin Jabal kelurahan Bojong Kulur, Heru Sunarto, menuturkan bahwa dalam pendaftaran vaksinasi  dilakukan secara online. Namun, dengan banyaknya antusiasme warga yang datang mendaftarkan diri secara manual maka pihak panitia tetap bersedia melayani.

"Alhamdulillah respon warga sangat bagus, terbukti dari mereka yang tidak mempunyai gagdet untuk mendaftar secara daring, mereka mendaftarkan diri secara manual," ujarnya.

Ia berharap kerjasama vaksinasi dengan Mabes Polri tersebut akan berlangsung hingga seluruh warga Bojong Kulur dapat tervaksin secara keseluruhan serta berjalan vaksin tahap 2.

"Kami harap kerjasama ini akan terus berlanjut untuk ke tahapan berikutnya dan berikutnya lagi, sampai warga kami dapat seluruhnya mendapat vaksin," imbuhnya.

Terpisah, Kepala Desa Bojong Kulur Firman menyambut baik kegiatan vaksinasi yang dilakukan jajaran Mabes Polri bekerjasama dengan yayasan Mu'adz Bin Jabal. Menurutnya kegiatan tersebut sangat membantu warga masyarakat di wilayahnya.

"Saya sebagai kepada desa sangat menyambut baik jajaran mabes polri yang peduli dengan warga kami dalam pelaksanan vaksinasi ini, kami harap kegiatan ini bukan hanya saat ini saja namun akan berjalan pada tahap ke-2 nantinya," kata Kepala Desa.

Terkait dengan program vaksin yang digelar Mabes Polri, masyarakat kabupaten Bogor menyambut baik program tersebut. Seperti yang dituturkan salah satu peserta vaksin bernama Anas (21) yang mengaku senang selain mendapatkan vaksin, ia juga membawa pulang paket sembako dari petugas.

"Bagus sih ada vaksin ini untuk menambah kekebalan tubuh terhadap virus, gak sakit kok biasa aja gak ada rasanya," kata Anas.

Ia juga berpesan kepada rekan-rekannya yang lain ataupun warga yang selama ini ragu dengan vaksinasi untuk segera mendaftarkan diri menjalani vaksin agar dapat mengurangi angka penyebaran wabah Covid-19.

"Buat teman-teman yang lain ayo vaksin, aman kok gak ada rasanya," tukasnya. (RO/OL-09)

Baca Juga

ANTARA/Muhammad Sidkin Ali

BNPB Kirimkan Tim Reaksi Cepat dan Logistik untuk Penanganan Erupsi Gunung Semeru

👤Ferdian Ananda Majni 🕔Minggu 05 Desember 2021, 05:28 WIB
Kepala BNPB akan menuju ke Kabupaten Lumajang untuk memastikan penanganan darurat bencana secara cepat dan tepat, khususnya evakuasi dan...
Antara/STR

Kemenkes : Sebagian Korban Erupsi Gunung Semeru Alami Luka Bakar 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:45 WIB
"Korban dari lapangan terpantau bahwa sebagian adalah luka bakar," kata Eka Jusuf...
AFP/STR

112 Gardu Listrik Terdampak Erupsi Gunung Semeru 

👤Mediaindonesia.com 🕔Sabtu 04 Desember 2021, 23:30 WIB
"Kami telah memulihkan dan menyalakan kembali 30 gardu terdampak. Alhasil sudah ada 7.508 pelanggan terdampak telah mendapatkan suplai...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya