Rabu 04 Agustus 2021, 20:56 WIB

Titik Panas Terus Bermunculan di NTT

Palce Amalo | Nusantara
Titik Panas Terus Bermunculan di NTT

Antara
Ilustrasi

 

TITIK panas (hotspot) terus bermunculan di sejumlah wilayah di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sesuai laporan BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, titik panas terpantau di lima titik masing-masing di Alor Timur sebanyak dua titik, serta Adonara Barat dan Maumere masing-masing satu titik.

"Titik panas terpantau sejak 3 Agustus sampai 4 Agustus pukul 07.00 Wita dengan tingkat kepercayaan di atas 80 persen," kata BMKG Stasiun Meteorologi El Tari Kupang, Agung Sudiono Abadi lewat keterangan tertulis, Rabu (4/8).

Sebaran titik panas tersebut meluas jika dibandingkan laporan titik panas pada 2 Agustus, hanya terpantau di Kecamatan Fatuleu Barat, Kabupaten Kupang sebanyak dua titik. Sedangkan pada 1 Agustus, terpantau tiga titik panas, dua di antaranya di Sumba Barat dan satu titik di Sumba Timur.

Baca juga :PPATK Sudah Curiga Sejak Awal Profil Keluarga Akidi Tio

Terkait kemunculan titik panas, BMKG mengeluarkan peringatan dini ancaman kebakaran hutan dan lahan di beberapa pulau seperti Pulau Sabu, Sumba, Rote, dan Alor. Peringatan dini itu menyusul angin kencang berkecepatan antara 30-50 kilometer per jam yang melanda daerah itu.

BMKG juga mengingatkan pemerintah daerah dan masyarakat mewaspadai ancaman kekeringan ekstrem karena daerah itu mulai memasuki puncak kemarau. Puncak kemarau ditandai dengan krisis air bersih dan ancaman kebakaran hutan dan lahan. (OL-2)

Baca Juga

DOK  MI

Longsor Di Sibolangit Tewaskan Empat Orang

👤Widhoroso 🕔Minggu 24 Oktober 2021, 00:07 WIB
EMPAT orang dilaporkan meninggal dunia akibat longsor di jalur Medan-Berastagi, tepatnya di kawasan tikungan PDAM Tirtanadi, Sibolangit,...
Ist

Bantu Kesejahteraan Warga, Civitas UP Tanam Empon di Kawasan Eko Wisata

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:41 WIB
Universitas Pancasila (UP) melakukan penanaman bibit empon-empon  di Kawasan Lembah Cisadane, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, pada Sabtu...
Ist

Kementan Genjot Kesejahteraan Kelompok Wanita Tani di Sulsel 

👤mediaindonesia.com 🕔Sabtu 23 Oktober 2021, 22:20 WIB
Kegiatan pemberdayaan kelompok wanita tani (KWT) yang sudah dilaksanakan, selain bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Krisis Energi Eropa akan Memburuk

Jika situasinya tidak membaik dalam beberapa bulan ke depan, ada potensi krisis ekonomi yang menghancurkan

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya