Selasa 03 Agustus 2021, 19:04 WIB

Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Satu Anggota KKB di Puncak Jaya

Hilda Julaika | Nusantara
Satgas Nemangkawi Lumpuhkan Satu Anggota KKB di Puncak Jaya

Antara
Prajurit TNI bersiap menaiki helikopter menuju Nduga di Wamena, Papua.

 

TIM gabungan TNI-Polri yang tergabung dalam Satgas Nemangkawi berhasil melumpuhkan satu orang anggota KKB bernama Kopengga Enumbi alias Tamu Enumbi. Peristiwa itu berlangsung pada Selasa (3/8) siang dan berokasi di Kampung Puncak Senyum, Distrik Irimuli, Kabupaten Puncak Jaya.

Langkah penegakan hukum oleh tim gabungan TNI-Polri tersebut dipimpin Ipda Dedi Sudomo. Dalam hal ini, bersinergi dengan Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY dan Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA terhadap seorang DPO KKB bernama Kopengga Enumbi.

Baca juga: 2 Anggota Satgas Pamrahwan Ditembak KKB di Nduga Papua

"Terdapat perlawanan dari pelaku. Sehingga, personel mengambil tindakan tegas dengan menembak pelaku, yang mengakibatkan pelaku meninggal dunia," ujar Kabid Humas Polda Papua Kombes Ahmad Musthofa Kamal dalam keterangan resmi, Selasa (3/8).

Kemudian, pada pukul 12.00 WIT, jenazah anggota KKB Yambi atau DPO Polres Puncak Jaya itu dibawa ke RSUD Mulia. "Langkah yang dilakukan pihak pepolisian, seperti mendatangi TKP, melakukan tindakan, evakuasi korban ke RSUD Mulia dan meminta visum," jelasnya.

Adapun Kopengga Enumbi alias Yamu Enumbi merupakan DPO Polres Puncak Jaya atas kasus pencurian dengan kekerasan terhadap 8 senjatadi Pospol Kulirik, Kabupaten Puncak Jaya, pada 4 Januari 2014 dan menjadi DPO pada 5 Desember 2018.

Baca juga: Ketua DPRD Tolikara Bantah Danai KKB Untuk Beli Senjata

Selama ini, Kopengga Enumbi berperan dalam memenuhi kebutuhan logistik bagi pergerakan KKB Yambi dibawah pimpinan Lekagak Telenggen. Kemudian, dia juga merupakan adik kandung dari Lerimayu Enumbi KKB Yambi.

Upaya penegakan terhadap Kopengga Enumbi merupakan hasil sinergitas antara Satgas Pamrahwan Yonmek 521/DY, Satgas Pinang Sirih Yonif R 613/RA, beserta jajaran Apintel di Kabupaten Puncak Jaya.(OL-11)

 

Baca Juga

Dok. Pribadi

Peringati Hari Santri, Sahabat Ganjar Bantu Pesantren 

👤Cahya Mulyana 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:17 WIB
"Kami mulai dari Tegal, sebagai pembuka rangkaian kegiatan grebek ponpes dengan tema santri kreatif santri muda inspiratif," kata...
Dok. Pribadi

Siswa SMA ini Ikut Bantu Buka Akses Air Bersih di NTT 

👤ediaindonesia.com 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 23:08 WIB
Carolene pun berkolaborasi mengusung program Water For...
MI/DJOKO SARDJONO

Tangani Covid-19, Klaten Gandeng Ulama, Umara, dan FKUB

👤Djoko Sardjono 🕔Jumat 22 Oktober 2021, 22:10 WIB
Silaturahmi dengan sejumlah elemen digelar karena masih ada warga di Klaten yang menolak...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Amendemen Konstitusi antara Ambisi Elite dan Aspirasi Rakyat

Persepsi publik mengenai cara kerja presiden lebih mengharapkan pemenuhan janji-janji politik saat kampanye ketimbang bekerja berdasarkan Pokok-Pokok Haluan Negara (PPHN).

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya