Selasa 27 Juli 2021, 13:25 WIB

Stok Oksigen di RS di Kota Tasikmalaya hanya untuk Tiga Hari

Kristiadi | Nusantara
Stok Oksigen di RS di Kota Tasikmalaya hanya untuk Tiga Hari

MI/BENNY BASTIANDY
Ilustrasi oksigen.

 

KASUS terkonfirmasi positif Covid-19 di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, terus mengalami peningkatan cukup signifikan. Dan ini berdampak pada menipisnya ketersediaan oksigen di rumah sakit. Para pasien diperkirakan hanya bisa mendapat oksigen untuk tiga hari ke depan.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Tasikmalaya, Ivan Diksan mengatakan, ketersediaan oksigen di sejumlah rumah sakit sekarang ini menipis dan hanya cukup tiga hari. Persediaannya kurang dari 432 tabung. Saat ini hanya mendapatkan 200 tabung dibagi rata dengan rumah sakit lain.

"Ketersediaan oksigen di wilayahnya sekarang hanya bisa dibagi rata dengan rumah sakit lain karena sejak beberapa hari memang adanya keterlambatan pengiriman. Namun, kebutuhan oksigen yang biasanya hanya dipakai dalam waktu seminggu untuk para pasien tetapi untuk sekarang digunakan dalam waku tiga hari dan jika kekurangan dipastikan akan mencarinya," katanya, Selasa (27/7/2021).

"Namun, Dinas Kesehatan juga tetap berupaya membantu pasien yang menjalani isolasi mandiri (isoman) di rumah supaya angka kematian bisa ditekan," ujarnya.

Menurutnya, untuk ketersediaan ventilator dalam penanganan pasien Covid-19 di RSUD sekarang masih terbatas meski sebelumnya dilakukannya beberapa unit. Namun, sebagai upaya menanggulangi hal tersebut langsung mengintruksikan kepala Dinas Kesehatan agar segera menambahkan kebutuhan ventilator mengingat pelaksanaan PPKM level 4 tetap dilaksanakan supaya masyarakat menerapkan protokol kesehatan (prokes).

"Kami meminta agar masyarakat menerapkan protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas. Karena, nyawa lebih penting dan bagi masyarakat yang masih menjalani isolasi mandiri di rumahnya supaya tak keluyuran di luar rumah dan harus tetap mematuhi aturan," paparnya.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kota Tasikmalaya pada Selasa (27/7), kasus yang terkonfirmasi positif Covid-19 berjumlah 12.127 kasus. Di antaranya 417 orang masih menjalani perawatan, 1.135 orang isolasi mandiri (isoman) dan 429 orang meninggal dunia. (AD/OL-10)

Baca Juga

Antara

Kemenhub Tingkatkan Konektivitas di Kabupaten Asmat

👤M. Ilham Ramadhan Avisena 🕔Minggu 26 September 2021, 19:45 WIB
Peningkatan infrastruktur transportasi di Asmat dilakukan secara keseluruhan. Mengingat, ada Bandara Ewer hingga Pelabuhan Agats di...
MI/A Yakub

Perempuan Jenggala Gelar Vaksinasi Covid-19 di Gresik

👤Akhmad Yakub 🕔Minggu 26 September 2021, 19:07 WIB
VAKSINASI Covid-19 di Kabupaten Gresik, Jawa Timur menjadi vaksinasi ke-9 dari rangkaian program vaksinasi Jelajah...
ANTARA/Nyoman Budhiana

Wagub: Bali Siap Sambut Kedatangan Wisatawan Mancanegara

👤Mediaindonesia.com 🕔Minggu 26 September 2021, 17:30 WIB
Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menegaskan daerah setempat sudah siap menyambut kedatangan wisatawan mancanegara,...

E-Paper Media Indonesia

HALAMAN FOKUS EKSTRA 4 HALAMAN

Fokus Edisi

Cegah Konflik di Myanmar semakin Memburuk

Bentrokan antara pasukan perlawanan bersenjata dan militer dalam beberapa hari terakhir telah mendorong gelombang evakuasi baru di wilayah barat laut

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya