Kamis 22 Juli 2021, 19:30 WIB

Jumlah Penerima Bantuan Pangan Non Tunai Di Tuban Meningkat

M Yakub | Nusantara
Jumlah Penerima Bantuan Pangan Non Tunai Di Tuban Meningkat

ANTARA
Ilustrasi

 

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Tuban, Jawa Timur memantau penyaluran distribusi Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang dilaksanakan secara serentak di 20 wilayah kecamatan, Kamis (22/7). Pada penyaluran Juli Agustus ini jumlah bantuan yang akan didistribusikan mencapai 80.349 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Jumlah tersebut mengalami kenaikan dibandingkan periode sebelumnya.

Kepala Dinas Sosial P3A (Kadinsos) Pemkab Tuban, Eko Yulianto, bersama Tim Koordinasi (Tikor) Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT)/BSP Kabupaten Tuban, melakukan monitoring distribusi komoditi Bansos pangan program BPNT secara serentak di 20 wilayah kecamatan. Pemantaun lapangan di wilayah Kecamatan Singgahan, Jatirogo, Kenduruan, Bangilan, dan Kecamatan Senori. Dinsos juga memberikan pengarahan kepada jajaran kecamatan, supplier, dan agen.

Eko Julianto mengungkapkan, penyaluran komoditas pangan  BPNT periode penyaluran Juli-Agustus ini total penerima periode ini mencapai 80.349 KPM. Menurut dia, jumlah KPM tersebut mengalami kenaikan dibandingkan periode sebelumnya.

"Bulan sebelumnya kurang lebih sekitar 72 ribu KPM," ungkap mantan Camat Semanding itu.

Dikatakannya,  komoditas beras yang ditinjau berkualitas baik dan menjadi barometer di agen dan KPM. Beras yang disalurkan, lanjut dia, harus sesuai ketentuan, berkualitas premium. Dan jika ditemukan komoditas pangan yang didistribusikan tidak sesuai maka agen diminta mengembalikan ke suplier untuk diganti. "Bagi KPM dapat melapor ke agen untuk ditindaklanjuti, diganti dengan kualitas sesuai ketentuan," tambahnya.

Eko juga menyatakan, pandemi Covid-19 yang melanda tidak menghambat proses penyaluran Bansos. Penyalurannya menerapkan konsep e-warung dengan kapasitas maksimal per agen sebanyak 250 KPM. Dengan demikian, agen dapat mengatur jadwal penyaluran ke penerima agar tidak terjadi kerumunan. "Ini sebagai salah satu dukungan terhadap upaya penanggulangan pandemi Covid-19 di  Tuban," pungkasnya. (OL-15) 

Baca Juga

DOK MI

Buntut Vaksinasi Kosong, Dinkes Sumut Perketat Pengawasan Vaksinator

👤Yoseph Pencawan 🕔Jumat 21 Januari 2022, 17:53 WIB
DINAS Kesehatan Provinsi Sumatera Utara akan memerketat pengawasan terhadap para tenaga kesehatan yang bertugas dalam pelaksanaan vaksinasi...
DOK MI

Ogan Komering Ilir Waspadai Lonjakan Kasus DBD

👤Dwi Apriani 🕔Jumat 21 Januari 2022, 17:45 WIB
MUSIM penghujan sangat rentan dengan kasus demam berdarah (DBD). Hal ini lantaran saat curah hujan tinggi akan berpengaruh pada aktifnya...
AFP

Seorang ART di Cimahi Positif Omikron

👤Depi Gunawan 🕔Jumat 21 Januari 2022, 17:41 WIB
PELAKSANA Tugas (Plt) Wali Kota Cimahi, Jawa Barat Ngatiyana mengumumkan seorang perempuan warga Cimahi, terkonfirmasi positif Covid-19...

E-Paper Media Indonesia

Baca E-Paper

Berita Terkini

Selengkapnya

Top Tags

BenihBaik.com

Selengkapnya

MG News

Selengkapnya

Berita Populer

Selengkapnya

Berita Weekend

Selengkapnya